Selamat Datang Di Blog Saya

Kamis, 06 Februari 2020

Media sosial populer


Saat ini beragam jenis media sosial dapat digunakan oleh semua orang, Dengan media sosial, penggunanya bisa membangun percakapan, bahkan komunitas, karena media sosial juga mempermudah pertemuan beberapa atau banyak orang dengan minat sama. Media ini juga memudahkan pengelola usaha, organisasi masyarakat, sampai lembaga pemerintah untuk terkoneksi langsung dengan publik.

Di Indonesia Hari Media Sosial diperingati setiap tanggal 10 Juni sejak tahun 2015 lalu. Akan tetapi di beberapa negara lainnya hari media sosial atau Social Media Day diperingati setiap tanggal 30 Juni.

Media social telah menjadi acuan setiap orang untuk menyampaikan kebebasan berpendapat dan menyampaikan gagasan, opini dan lainnya.



Media sosial merupakan salah satu sarana dalam menjalin pertemanan di dunia maya. Dengan media sosial, kita bisa berhubungan kembali dengan teman lama, mendekatkan diri dengan teman yang jauh, hingga menemukan teman baru.

Definisi media sosial adalah situs atau layanan daring (online) yang memungkinkan penggunanya tak hanya mengonsumsi, tapi juga berpartisipasi membuat, mengomentari, dan menyebarkan beragam konten dalam berbagai format: teks, gambar, audio, atau video.

Berikut  definisi  media sosial yang dirumuskan oleh para ahli, yaitu :


  1. McGraw Hill Dictionary – Media sosial adalah sarana yang digunakan oleh orang-orang untuk berinteraksi satu sama lain dengan cara menciptakan, berbagi, serta bertukar informasi dan gagasan dalam sebuah jaringan dan komunitas virtual. 
  2. Varinder Taprial dan Priya Kanwar (2012) – Media sosial adalah media yang digunakan oleh individu agar menjadi sosial, atau menjadi sosial secara daring dengan cara berbagi isi, berita, foto dan lain-lain dengan orang lain. 
  3. B.K. Lewis (2010) – Media sosial adalah label bagi teknologi digital yang memungkinkan orang untuk berhubungan, berinteraksi, memproduksi, dan berbagi isi pesan. 
  4. Mark Hopkins (2008) – Sosial media adalah istilah yang tidak hanya mencakup berbagai platform Media Baru tetapi juga menyiratkan dimasukkannya sistem seperti FriendFeed, Facebook, dan lain-lain yang pada umumnya dianggap sebagai jejaring sosial. Idenya adalah bahwa berbagai platform media yang memiliki komponen sosial dan sebagai media komunikasi publik.
  5. P.N. Howard dan M.R Parks (2012) – Media sosial adalah media yang terdiri atas tiga bagian, yaitu : Insfrastruktur informasi dan alat yang digunakan untuk memproduksi dan mendistribusikan isi media, Isi media dapat berupa pesan-pesan pribadi, berita, gagasan, dan produk-produk budaya yang berbentuk digital, Kemudian yang memproduksi dan mengkonsumsi isi media dalam bentuk digital adalah individu, organisasi, dan industri.
  6. Russo, J. Watkins, L. Kelly, dan S. Chan (2008) – Media sosial adalah instrumen yang memfasilitasi komunikasi, jaringan, dan/atau kolaborasi secara daring.
  7. Chris Brogan (2010) – Media sosial adalah seperangkat alat komunikasi dan kolaborasi baru yang memungkinkan terjadinya berbagai jenis interaksi yang sebelumnya tidak tersedia bagi orang awam.
  8. Philip Kotler dan Kevin Lane Keller (2016) – Media sosial adalah media yang digunakan oleh konsumen untuk berbagi teks, gambar, suara, dan video informasi baik dengan orang lain maupun perusahaan dan vice versa. 
  9. Michael Cross (2013) – Media sosial adalah sebuah istilah yang menggambarkan bermacam-macam teknologi yang digunakan untuk mengikat orang-orang ke dalam suatu kolaborasi, saling bertukar informasi, dan berinteraksi melalui isi pesan yang berbasis web. Dikarenakan internet selalu mengalami perkembangan, maka berbagai macam teknologi dan fitur yang tersedia bagi pengguna pun selalu mengalami perubahan. Hal ini menjadikan media sosial lebih hypernym dibandingkan sebuah referensi khusus terhadap berbagai penggunaan atau rancangan.
  10. Caleb T. Carr dan Rebecca A. Hayes (2015) – Media sosial adalah media berbasis Internet yang memungkinkan pengguna berkesempatan untuk berinteraksi dan mempresentasikan diri, baik secara seketika ataupun tertunda, dengan khalayak luas maupun tidak yang mendorong nilai dari user-generated content dan persepsi interaksi dengan orang lain.
  11. M.L. Kent (2013) – Media sosial adalah segala bentuk media komunikasi interaktif yang memungkinkan terjadinya interaksi dua arah dan umpan balik. 
  12. Dave Kerpen (2011) – Media sosial adalah teks, gambar, video, dan kaitan secara daring yang dibagikan diantara orang-orang dan organisasi. 
  13. Lon Safko (2012) – Media sosial adalah media yang kita gunakan untuk menjadi sosial. 
  14. Joyce Kasman Valenza (2014) – Media sosial adalah platform internet yang memungkinkan bagi individu untuk berbagi secara segera dan berkomunikasi secara terus menerus dengan komunitasnya.
  15. M. Terry (2009) – Media sosial secara sederhana diartikan sebagai pengguna isi bersama yang menggunakan teknologi penyiaran berbasis Internet berbeda dari media cetak dan media siaran tradisional. 
  16. Tracy L. Tuten dan Michael R. Solomon – Media sosial adalah sarana untuk komunikasi, kolaborasi, serta penanaman secara daring diantara jaringan orang-orang, masyarakat, dan organisasi yang saling terkait dan saling tergantung dan diperkuat oleh kemampuan dan mobilitas teknologi.
  17. J. Mike Jacka dan Peter R Scott (2011) – Media sosial adalah seperangkat teknologi penyiaran berbasis Web yang memungkinkan terjadinya demokratisasi konten sehingga memberikan individu kemampuan untuk menampilkan konten dari konsumen kepada penerbit.
  18. R. Shari Veil, Tara Buehner, dan Michael J. Palenchar (2011) – Media sosial pada intinya merupakan komunikasi antar manusia yang memiliki karakteristik partisipasi, terbuka, percakapan, komunitas, dan keterhubungan. 
  19. Andreas M. Kaplan dan Michael Haenlein (2010) – Media sosial adalah sebuah kelompok aplikasi berbasis Internet yang dibangun dengan dasar-dasar ideologis Web 2.0 (yang merupakan platform dari evolusi media sosial) yang memungkinkan terjadinya penciptaan dan pertukaran dari User Generated Content.
  20. The ABC (2011) – Media sosial membungkus perangkat digital yang memungkinkan terjadinya kegiatan komunikasi dan berbagi melintasi jaringan. Media sosial digunakan secara produktif oleh seluruh ranah masyarakat, bisnis, politik, media, periklanan, polisi, dan layanan gawat darurat. Media sosial telah menjadi kunci untuk memprovokasi pemikiran, dialog, dan tindakan seputar isu-isu sosial.

Media sosial pertama kali pada tahun 1978 ditemukannya papan Buletin oleh War Christensen dan Randy Suess. Papan Buletin ini memungkinkan kita untuk mengunggah atau mengunduh informasi dan juga dapat berkomunikasi menggunakan surat elektronik yang terhubung dengan jaringan internet. Perkembangan Sosial Media dimulai dari pengiriman surat elektronik oleh peneliti Advanced Research Project Agancy pada tahun 1971.

1995
Lahirnya situs GeoCities merupakan tonggak berdirinya website-website lain. Situs ini melayani Web Hosting yaitu penyewaan penyimpanan data-data website agar halaman website bisa diakses dimana saja.

1997
Munculnya jejaring sosial yang pertama yaitu Sixdegree.com

1999
Munculnya Blog pribadi yaitu Bloger, yang menawarkan pengguna untuk membuat halaman sendiri. Blog ini memuat tentang apapun.

2002
Berdirinya Friendster yaitu sebuah jejaring sosial yang memiliki booming dan keberadaan sebuah media sosial yang fenomenal.

2003
Berdirinya Linkedln yang berfungsi untuk mencari pekerjaan, sehingga fungsi dari Sosial Media mulai berkembang. Dan selanjutnya disususl dengan berdirinya Myspace.

2004
Lahinya Facebook yang merupakan salah satu situs jejaring sosial yang memiliki anggota terbanyak.

2006
Lahinya Twitter merupakan jejaring sosial yang berbeda dengan yang lainnya, dikarenakan pengguna dibatasi dalam meupdate status yaitu 140 karakter.

2007
Lahirnya Wiser yang nantinya diharapkan nntinya menjadi direktori online organisasi lingkungan seluruh dunia termasuk pergerakan lingkungan  baik dilakukan oleh individu atau kelompok.

2010
ditemukan Instagram, situs jejaring sosial yang penggunanya dimungkinkan untuk membagikan foto, video, informasi, dan berbagai tulisan/artikel dengan mudah, awalnya hanya untuk pengguna iOS, tetapi sejak 2012 juga dimanfaatkan oleh pengguna Android.

2011
ditemukan LINE, situs jejaring sosial yang penggunanya dapat berbagi foto, video, dan percakapan dengan pengguna lain.

2011
ditemukan Google+, yang diluncurkan oleh Google, yang pada awal peluncuran Google+ hanya sebatas pada orang yang telah diundang oleh Google. Setelah itu Google+ diluncurkan secara umum.

Media sosial di Indonesia mulai pesat mengikuti perkembangan akses internet pada para pengguna di Inodnesia, terlebih lagi dengan perkembangan infrastruktur internet yang ada di Indonesia seperti misalnya akses wifi, jaringan fiber dan lain sebagainya.

Menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada tahun 2012, kurang lebih 63 juta masyarakat Indonesia terhubung dengan internet dan sebanyak 95 persen aktivitas yang mereka lakukan adalah adalah membuka media sosial. Bahkan Indonesia sampai diprediksi akan menjadi negara dengan pengguna sosial media paling aktif dan paling banyak. Salah satu alasan yang paling kuat mengapa hal tersebut bisa terjadi adalah karena perangkat-perangkat internet mobile semakin terjangkau harganya bagi masyarakat sehingga memungkinkan penetrasi jaringan pada user yang lebih luas.

Perkembangan gawai turut mendukung perkembangan akses media sosial di Indonesia. Telepon genggam pintar seperti Android, iOS, dan lain sebagainya, beserta beragam model IoT seperti phablet, tablet, dan lain sebagainya turut menyumbang pada semakin luasnya akses internet dan media sosial bagi masyarakat di Indonesia.



ciri-ciri media sosial :


  1. Konten yang disampaikan dibagikan kepada banyak orang dan tidak terbatas pada satu orang tertentu
  2. Pesan dapat muncul tanpa melalui suatu gatekeeper dan tanpa penghambat
  3. Isi dapat di sajikan secara online dan langsung
  4. Konten dapat diterima secara online dalam waktu yang cepat dan dapat juga tertunda penerimaannya tergantung waktu interaksi yang telah ditentukan sendiri oleh pengguna
  5. Media sosial dapat menjadikan penggunanya sebagai creator atau aktor yang memungkinkan dirinya untuk beraktualisasi diri
  6. Dalam konten media sosial terdapat sejumlah aspek fungsional seperti identitas, percakapan (interaksi), berbagi (sharing), kehadiran (eksis), hubungan (relasi), reputasi (status) dan kelompok (group).

jenis media sosial:

1. Layanan blog
Blog secara ringkas bisa dipahami sebagai jurnal pribadi di internet, untuk berbagi catatan atau pandangan penggunanya tentang beragam hal. Penggunanya lazim disebut sebagai narablog (blogger). Contoh: WordPress, Blogger.

2. Layanan jejaring sosial (social network)
Jenis layanan yang fokus pada terbangunnya jejaring di antara penggunanya untuk saling berbagi pesan, informasi, foto, atau video. Model relasi antar pengguna yang lumrah berbentuk pertemanan dengan cara saling Add atau Connect. Contoh: Facebook, Lindkedin.

3. Layanan blog mikro (microblogging)
Meski kegunaannya serupa, tapi jenis media ini lebih ringkas, hingga memengaruhi alur interaksinya yang jadi lebih cepat dibandingkan blog. Contoh: Twitter.

4. Layanan berbagi media (media sharing)
Kalau kita suka menonton YouTube atau mendengar Soundcloud, keduanya tergolong dalam jenis ini; yang fokus utamanya memang untuk berbagi konten media seperti foto, audio, atau video. Contoh lain: Instagram, Flickr.

5. Layanan forum
Bisa dibilang sebagai jenis media sosial klasik yang sudah dikenal sejak lama. Layanan ini jadi tempat pengguna bisa memperbincangkan hal atau topik spesifik dengan pengguna lain di dalam ruang diskusi. Contoh: Kaskus, Quora.

6. Layanan kolaborasi
Seperti namanya, layanan ini memberi kesempatan penggunanya untuk berkolaborasi dalam memuat, menyunting, atau mengoreksi konten. Contoh: Wikipedia.



Media sosial populer yang masih eksis sampai sekarang 2020 :

1. Facebook



Facebook sendiri merupakan salah satu aplikasi jejaring sosial yang banyak digunakan untuk berbagai kepentingan. Mulai dari sebagai sarana promosi usaha atau produk, chatting, berbagai video dan foto, serta untuk kepentingan lainnya.

Popularitasnya (Facebook) Juga Dipengaruhi Oleh Kemudahan Dalam Pembuatan Akun Facebook. Langkah Mendaftar Facebook Sendiri Sangatlah Instan Dan Dapat Dinikmati Secara Gratis Oleh Semua Kalangan.
Facebook memungkinkan semua orang untuk bisa berinteraksi secara mudah melalui postingan, komentar hingga like yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

2. Facebook messenger



Facebook Messenger awalanya tergabung pada situs web Facebook. Namun pada tahun 2011, perusahaan tersebut memutuskan untuk membuat aplikasi aplikasi pesan ini di iOS dan Android. Dengan memasang aplikasi tersebut, pengguna bisa mengakses pesan FB tanpa harus membuka lama FB itu terlebih dahulu.

3. Instagram


Instagram adalah aplikasi berbagi foto dan video. Tampilannya yang mendukung dan banyak pengguna aktif pada aplikasi ini dimanfaatkan sebagai lahan bisnis bagi banyak orang. Selain itu, ada fenomena yang dihadirkan oleh media sosial satu ini, yaitu selebgram. Selebgram berarti orang dengan popularitas tinggi di Instagram.Biasanya selebgram ini memiliki cara menarik untuk mendapatkan banyak pengikut. Konten-konten foto dan video lucu dan menarik menjadi senjata utamanya. Instagram mendapat suara sebanyak 38% dari koresponden online

4. Twitter
Twitter adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet).


Twitter didirikan pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey, dan situs jejaring sosialnya diluncurkan pada bulan Juli. Sejak diluncurkan, Twitter telah menjadi salah satu dari sepuluh situs yang paling sering dikunjungi di Internet, dan dijuluki dengan "pesan singkat dari Internet."

5. YouTube



Seperti yang kita ketahui youtube adalah situs web yang berisi video-video dalam arti lain tempat berbagi video

Youtbe berdiri pada tahun 2005 tepatnya pada tanggal 14 Februari 2005. yang didirikan oleh tiga orang mantan pegawai PayPal yang bernama Steve Chen, Chad Hurley dan Jawed Karim. Awalnya youtube adalah sebuah situs web independen yang dipegang oleh ketiga orang tadi sebelum akhirnya pada tahun 2006 situs youtube ini di beli secara resmi oleh google


Youtube sendiri membebaskan bagi orang yang menggunakannya untuk mengupload video apa saja yang mereka miliki, seperti video klip, dokumentasi, musik dan juga yang lainnya, dengan bantuan HTML5 dan Adobe Flas Video yang digunakan. Dalam kenyataan ternyata pengguna situs ini bukan hanya masyarakat kalangan menengah kebawah melainkan juga media yang korporat seperti CBS, BBC, HULU, VEVO dan masih banyak organisasi lain yang ikut mengupload video miliknya ke youtube.

6. WhatsApp



Aplikasi pesan yang terbilang simpel ini memang banyak dipakai oleh orang Indonesia. Tampilannya yang tak neko-neko serta emoji yang menjadi ciri khasnya membuat semua kalangan bisa memakai aplikasi ini dengan mudah. 

7. LINE




LINE adalah sebuah aplikasi yang dapat digunakan oleh pengguna untuk saling berkomunikasi. Aplikasi LINE juga sering disebut dengan aplikasi pengirim pesan instan. Aplikasi ini juga dapat diunduh secara gratis dalam berbagai platform, yakni smartphone, tablet, hingga komputer.

Pengguna yang ingin menggunakan aplikasi LINE ini hanya cukup mengunduhnya lewat Play Store, App Store, Windows store, maupun layanan store lainnya. Dengan bantuan internet sebagai jaringan global, pengguna sudah dapat berkomunikasi kepada sesama pengguna LINE, seperti berkirim pesan, panggilan telepon dan video, dan lain sebagainya.

LINE adalah salah satu aplikasi perpesanan cepat (instant messaging) buatan Jepang yang dipublikasikan sejak tahun 2011. Sejak awal peluncurannya, aplikasi buatan developer Naver Corporation ini menjadi salah satu aplikasi messaging paling populer di berbagai macam perangkat.

8. Tiktok



Sejak aplikasi berbasis ponselnya diluncurkan pada 2016, TikTok telah mencapai angka 500 juta pengguna aktif bulanan, dan melewati angka satu miliar unduhan.

TikTok sendiri menyebut dirinya sebagai “tempat untuk semua jenis video pendek”. Para kreator video dapat berbagi video secara vertikal dengan panjang durasi antara 15 hingga 60 detik. TikTok memiliki toolkit pengeditan video yang lengkap, filter dan efek yang melimpah, dan pustaka musik yang hampir tak terhingga—memungkinkan pengguna untuk menyetel dan menemukan versi terbaik untuk video mereka.

TikTok sendiri sering keliru dianggap sebagai aplikasi lip-sync. Hal ini cukup wajar mengingat TikTok dulunya adalah musical.ly yang diakuisisi oleh ByteDance sebagai perusahaan induk di balik TikTok.


Pada 2017, ByteDance membeli musical.ly seharga $800 juta. Sebelum itu, ByteDance telah meluncurkan Douyin yang menjadi cikal-bakal TikTok, di Cina. Setelah mengakuisisi musical.ly, Douyin dan musical.ly pun bergabung dan berganti nama menjadi TikTok. Di Cina sendiri, aplikasi masih menggunakan nama aslinya yaitu Douyin.

9. LinkedIn



Sebagian orang pasti sudah tidak asing dengan yang namanya Linkedin kan. Media sosial ini memberi kemudahan bagi para profesional untuk mencari atau mendapatkan suatu pekerjaan. Tak hanya itu, jejaring sosial yang satu ini juga berguna bagi pebisnis dan juga CEO untuk mencari calon karyawan yang berpotensial.


Bagi yang baru pertama kali mendengar pasti bingung apa sih itu Linkedin? Berbeda dengan media sosial seperti Facebook atau Twitter yang membangun pertemanan, Linkedin ini lebih menyasar ke kalangan para pekerja, profesional hingga pebisnis. Bisa dibilang fungsinya lebih mirip seperti CV Online.

10.Telegram


Telegram adalah aplikasi pengiriman pesan yang berfokus pada kecepatan dan keamanan penggunanya. Telegram adalah aplikasi perpesanan sederhana dan dapat diakses gratis oleh semua orang. Telegram diluncurkan pada 2013 oleh dua bersaudara Nikolai dan Pavel Durov asal Rusia.

Telegram sendiri tersedia untuk perangkat telepon seluler (Android, iOS, Windows Phone, Ubuntu Touch) dan sistem perangkat komputer (Windows, OS X, Linux).

Telegram merupakan salah satu aplikasi messaging yang populer di dunia. Bahkan, aplikasi ini termasuk pesaing utama dari WhatsApp dan Facebook Messenger.


Tapi, walau merupakan pesaing WhatsApp, popularitas Telegram masih kalah jauh dibandingkan dengan aplikasi messaging milik Facebook tersebut.

11. Blogger



Blogger adalah sebuah layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs dan diakuisisi oleh Google pada tahun 2003. Secara umum, blog yang dihost oleh Google berada di bawah subdomain blogspot.com. Blogger memperbolehkan penggunanya untuk mempublikasikan blognya di server lain, melalui FTP hingga 1 Mei 2010. Setelah tanggal tersebut, semua blog harus disimpan di server Google, meskipun pengguna dapat menggunakan alamat situsnya sendiri dengan fitur Custom URL.

Blogger.com merupakan salah satu platform blog yang banyak digunakan oleh blogger. Selain karena memang blogger.com merupakan layanan blog pertama di dunia, penggunaannya benar-benar gratis dan relatif mudah untuk digunakan. Cara membuat blog di blogspot sangatlah mudah dan memungkinkan pemula untuk segera memiliki blog yang terhubung online

12. WordPress



Wordpess merupakan CMS (Content Management Sistem) yang sangat flexibel untuk membuat sebuah website, karena WordPress juga open source sehingga sangat mudah untuk mendapatkan update, dan menginstall banyak plugin atau tema di platform ini.


Dengan platform WordPress, kita akan dengan mudah membuat website seperti company profile, website toko online, website marketplace dan masih banyak lagi. Dengan hanya menginstall tema yang sesuai dengan kebutuhan, selanjutnya tinggal menyesuaikan tampilan tema dengan menginstall plugin sesui kebutuhan.

13. Kaskus



KASKUS adalah tempat Berbagi Hobi & Berkomunitas pertama serta terbesar di Indonesia.

KASKUS memberikan ruang bagi siapa saja untuk mengekspresikan sisi aslinya masing-masing. Jutaan orang menggunakan KASKUS untuk mencari informasi, berbagi hobi, bergabung dan berinteraksi dengan komunitas, bertransaksi jual beli hingga menikmati berbagai keseruan melalui ragam platform yang tersedia.

KASKUS kini menyediakan empat platform menarik yaitu

Forum
Jual Beli (JB)
Podcast

TV

14.wikipedia



Wikipedia (Dengarkani/ˌwɪkᵻˈpiːdiə/ atau Dengarkani/ˌwɪkiˈpiːdiə/ wik-i-pee-dee-ə) adalah proyek ensiklopedia multibahasa dalam jaringan yang bebas dan terbuka, yang dijalankan oleh Wikimedia Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Amerika Serikat. Nama Wikipedia berasal dari gabungan kata wiki dan encyclopedia. Wikipedia dirilis pada tahun 2001 oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger,dan kini merupakan karya referensi paling besar, cepat berkembang, dan populer di Internet. Proyek Wikipedia bertujuan untuk memberikan ilmu pengetahuan manusia.

15. Hago



Hago adalah salah satu aplikasi social game, sebuah media sosial dimana kamu bisa mencari teman melalui game. Hago cukup populer dikalangan masyarakat dari berbagai umur, dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Tak heran jika Hago menjadi salah satu aplikasi yang sangat populer di Indonesia. Hago menyediakan berbagai macam game seru yang bisa kamu mainkan berdua atau beramai-ramai, tergantung dari game apa yang kamu mainkan. Berikut adalah Game Hago Terbaik yang bisa kamu mainkan sekarang juga

16. Indowebster



Indowebster adalah situs berbagi sharing file upload berkas foto video film dan lain sebagainya. Indowebster atau yang disebut IDWS ini didirikan 15 april 2007 yang berslogan “file hosting gratis indonesia” oleh Juny Maimun. Situs ini selalu megupdate semua file seperti video, musik, foto dan lain sebagainya. Indowebster adalah perpaduan diantara youtube, rapidshare, imgeshack. File hosting asli milik indonesia ini bisa mencapai upload/menyimpan file hingga 1024mb per file, unlimited download dan bandwidth. Situs ini dapat menampung file sampao kisaran sejuta megabyte. Tak heran orang-orang selalu mengupload dan mengunduh film di situs ini. Selain mengunduh film disini indowebster juga situs yang mempunyai kecepatan terbaik saat mengunduh. Juga bisa dipause dalam downloadannya. Indowebster adalah website tempat downloader dan uploader berkumpul. Indowebster merupakan tempat berkumpul dua pihak diatas. Indowebster menyediakan server lokal yang notabene bisa diakses secara cepat. Server yang ada untuk saat ini berjumlah 58 server.

17. Snapchat



Pemilik aplikasi ini adalah bernama Evan Spiegel. Salah satu konsep inti dari aplikasi ini adalah bahwa setiap gambar atau video maupun pesan yang anda kirim hanya tersedia dalam waktu yang singkat, sebelum akhirnya menjadi tidak dapat diakses lagi.

Pesan yang bersifat sementara merupakan salah satu yang diusung oleh aplikasi snapchat. Hal ini dianggap dapat mendorong aliran interaksi yang lebih alami antar pengguna.


Satu hal penting lagi yang harus anda ketahui mengenai aplikasi adalah bahwa pengembang Snapchat tersebut merupakan sebuah perusahaan publik, yang dikenal dengan nama Snap. Perusahaan Snap Ini mengklaim dirinya sebagai perusahaan kamera. Dengan demikian, mereka juga menciptakan beberapa produk lain, termasuk perangkat keras, seperti Snapchat Spectacles.

18. Netflix



Netflix telah menjadi yang terdepan di bidang konten digital sejak 1997
Netflix adalah penyedia layanan hiburan terkemuka di dunia dengan 167 juta keanggotaan berbayar di lebih dari 190 negara, menyuguhkan serial TV, dokumenter, dan film panjang dalam berbagai genre dan bahasa. Anggota dapat menonton sepuasnya, kapan pun, di mana pun, melalui layar apa pun yang terhubung ke Internet. Anggota dapat memutar, menjeda, dan melanjutkan tayangan tanpa iklan atau komitmen.

19. Bigo live



Bigo Live adalah aplikasi berbasis Android dan iOS yang saat ini sedang digemari oleh pengguna khususnya dari Indonesia, Bigo Live sudah menempati posisi 18 di daftar aplikasi gratis terpopuler. Dari deskripsinya, Bigo Live digunakan untuk menyiarkan aktivitas sehari-hari broadcaster (penyiar) ke member Bigo Live lainnya. Pada halaman muka, Anda akan disuguhkan dengan beragam pilihan broadcaster Bigo yang dapat ditonton siarannya. Untuk melihatnya, Anda hanya perlu memilih salah satu dari mereka.

Ketika masuk, Anda dapat melihat broadcaster beraksi dan berinteraksi dengan pengunjung. Anda sendiri dapat mengirim pesan atau mengirim hadiah ke broadcaster favorit Anda. Dari berbagai banyak pilihan broadcaster, sebagian besar dari mereka didominasi perempuan. Namun terkadang, para broadcaster yang tampil berpakaian seksi dan terlihat menunjukkan bagian vital mereka ke publik.

20. Smule



Smule memang betul aplikasi yang menyuguhkan fitur-fitur bagi yang gemar karaokean. Bahkan aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur perekam suara, efek-efek audio, duet dengan artis idola Anda dan berbagi ke platform globalnya supaya orang lain bisa mendengarkan suara emas Anda.

Sing! Karaoke by Smule adalah aplikasi yang tak lain diciptakan oleh pengembang bernama Smule dan memulai debutnya pada 8 Agustus 2012 di App Store. Bagi Smule aplikasi ini merupakan proyek paling sukses yang menghantarkan Smule ke posisi yang sekarang. Walaupun jauh sebelum Sing! sudah ada beberapa aplikasi yang lahir lebih dulu. Seperti Sonic Boom yang diluncurkan di tahun 2008, kemudian Magic Fiddle di 2010, termasuk Glee Karaoke yang juga menggarap kategori yang sama.

Untuk platform Android sendiri Sing! Karaoke by Smule sudah mencatatkan angka unduhan sebanyak 50 juta. Beban file sebesar 41MB harus dibawa jika Anda berniat memasangnya di ponsel Android Anda. Minimal sistem operasi yang bisa menjalankannya adalah 4.0.3 atau yang lebih baru.

Di dalamnya terdapat berbagai kategori musik seperti pop, metal, rock, klasik dan lain-lain atau pilihan kategori berdasarkan artis dan negara. Sing! mempunyai sistem rekomendasi yang didasarkan pada preferensi masing-masing pengguna.


Seperti yang sudah disinggung di atas, Sing! juga menawarkan platform unik di mana pengguna dapat terhubung ke jaringan komunitas Smule. Di sana pengguna dapat saling berinteraksi lewat suara dan menyanyikan lagu bersama anggota komunitas yang menyukai lagu tertentu

21. Coco fun



Aplikasi konten lucu dari Indonesia, temukan video terbaru, paling lucu dan gokil, meme, gif, dan banyak lagi.. Di sini kamu bisa membagikan konten lucu ke teman-teman kamu juga lohh, yuk bagikan kebahagiaan kamu ke temanmu juga! Mulai harimu dengan penuh tawa

22. Likee



LIKE adalah aplikasi yang memungkinkan Anda membuat dan berbagi video seru dengan semua teman dan pengikut Anda. Sama halnya dengan aplikasi sejenis lainnya, Anda harus membuat akun pengguna untuk memakai aplikasi ini. Hanya butuh beberapa detik untuk Anda melakukannya, dan bisa melalui Google atau Facebook.

LIKE memberi banyak pilihan dalam menambahkan efek khusus dan musik ke video. tersedia jutaan lagu yang bisa dipilih sebagai latar video, mulai dari penyanyi populer seperti Rihanna dan Justin Bieber sampai lagu tema dari Dragon Ball, Harry Potter, atau Doctor Who. Anda bahkan bisa memilih lagu yang ada di ponsel Anda.

Proses edit video di LIKE cepat dan sederhana, tetapi bukan berarti fitur yang tersedia hanya sedikit. Anda dapat menambahkan segala jenis efek video dengan cara menggambar langsung menggunakan tangan di layar: bola api, bintang jatuh, kupu-kupu, dan lainnya. Berkat aplikasi ini, Anda dapat menambahkan efek ke video hanya dalam hitungan detik.


LIKE adalah jejaring sosial yang sangat seru. Ada banyak video menarik untuk dipakai kapan saja. Bagikan video terbaik Anda dengan komunitas aplikasi ini. Anda pun bisa menyukai video orang lain, menambahkan kreator video itu ke daftar teman, serta mengobrol dengannya kapan saja

23. Wattpad


Wattpad adalah komunitas online bagi para penulis dan pembaca. Fungsinya tidak jauh berbeda dengan blogger. Kalian dapat membuat akun gratis untuk mulai menulis di Wattpad atau sekedar membaca postingan - postingan di Wattpad, entah itu cerita pendek, cerita bersambung, artikel ataupun puisi. Kalian juga dapat memberikan sebuah komentar dan vote pada setiap bacaan. Wattpad juga mempunyai kemampuan untuk di baca di komputer, telepon, atau tablet pembacanya. Salah satu keunikannya adalah rata - rata penulis di Wattpad adalah remaja yang kebanyakan mereka menulis cerita - cerita fan-fiction. 

Melalui Wattpad kalian bisa membaca berbagai cerita, artikel ataupun puisi dengan gratis, entah cerita tersebut sudah di publikasikan atau belum atau pun cerita tersebut yang masih dalam bentuk cerita bersambung. Dan bagi kalian yang hobi menulis tapi kalian tidak tahu tulisan kalian harus di salurkan kemana, kalian bisa menyalurkannya lewat situs online bernama Wattpad ini. Well, Wattpad bisa menjadi tempat untuk kalian melatih kemampuan menulis kalian. 

Disini kalian bisa menulis secara gratis dan jika beruntung kalian akan mendapatkan banyak penggemar yang menginginkan agar cerita kalian di bukukan, dengan kata lain kalian bisa mendapatkan penghasilan dari buku yang kalian cetak untuk di jual. Bagi kalian yang hobi membaca terutama membaca cerita tapi tidak ingin dipusingkan dengan bawaan buku - buku yang berat. Maka, kalian bisa mengandalkan Wattpad. Lewat Wattpad kita bisa membaca apa saja entah itu fan-fiction, teen-fiction, romance, action dan genre lain tanpa harus di pusingkan dengan bawaan buku - buku yang berat. Kalian cukup membuka alamat website nya atau membuka aplikasi Wattpad dengan mudah dan kalian bisa mengaksesnya kapan saja dan dimana saja. Lewat Wattpad juga kalian bisa bertukar ide tentang sebuah tulisan ataupun tentang bacaan. Wattpad bisa menjadi tempat menulis cerita karangan sendiri tanpa perlu takut tulisan kalian akan di copas oleh orang lain, karna Wattpad di lengkapi 'Hak Cipta'. so... kalian bisa dengan santai menulis apa saja lewat aplikasi Wattpad ini. Wattpad mempunyai banyak kategori. Ada kategori romance, fiksi ilmiah, fantasi, humor, paranormal, misteri/getaran, horor, petualangan, fiksi sejarah, fiksi remaja, fiksi penggemar, puisi, cerita pendek, fiksi umum, chiklit, laga, vampir, manusia serigala, spiritual, non-fiksi, klasik atau acak. 

Kalian bisa dengan bebas memilih kategori atau genre bacaan yang ingin kalian baca atau yang kalian sukai dan kalian juga bisa memilih genre tulisan yang akan kalian posting di Wattpad. Wattpad juga memberi penghargaan tiap tahunnya bagi para penulis yang tulisannya mendapat vote terbanyak atau yang paling di sukai atau digemari oleh pembaca. Penghargaan ini biasa disebut 'Watty Awards'. Kalian bisa klik tombol atau ikon Vote untuk mem-Vote cerita yang kalian sukai agar cerita tersebut bisa memenangi penghargaan Watty Awards.

24. Joox

JOOX adalah aplikasi modern yang menyediakan layanan musik gratis. Anda dapat mengunduhnya gratis di Bursa Aplikasi.

Di JOOX, Anda dapat mendengarkan radio sesuai kehendak, mencari peringkat teratas dengan cepat, memutar secara acak lagi yang direkomendasikan, menambah lagu favorit, dan menikmati layanan hebat lainnya. JOOX adalah awal yang baik untuk perjalanan musik Anda!

Apabila Anda memutar JOOX pada jaringan non Wi-Fi, Anda mungkin dikenakan biaya untuk konsumsi data oleh provider Anda. Namun jangan khawatir, JOOX menyediakan Peringatan Non-Jaringan Wi-Fi dan fungsi lain untuk mengingatkan Anda tentang hal itu.

Anda juga dapat membeli JOOX VIP untuk menikmati 5 keuntungan JOOX.

25. Tinder



Tinder adalah aplikasi layanan pencarian sosial berbasis lokasi menggunakan profil dari Facebook dan layanan fitur GPS di ponsel) yang memfasilitasi komunikasi antara pengguna yang saling tertarik, yang memungkinkan kecocokkan (match) pengguna untuk mengobrol. Aplikasi ini biasanya digunakan sebagai layanan kencan, dan telah bercabang untuk memberikan layanan yang lebih, sehingga lebih umum dikategorikan sebagai aplikasi sosial media.

26. Tantan

Aplikasi Tantan merupakan suatu aplikasi yang dirancang secara khusus bagi anak muda dan untuk sebagian besar orang. Aplikasi Tantan ini bahkan menjadi sebuah aplikasi yang dapat dimanfaatkan oleh anak muda dengan usia sekitar 20an tahun.


Aplikasi Tantan menjadi sebuah aplikasi yang menawarkan cara baru untuk saling bertemu satu sama lain. Tantan digunakan berdasarkan sistem swipe and match. Aplikasi ini memungkinkan dua pengguna untuk memulai suatu percakapan ketika keduanya menyukai satu sama lain.

Tantan menjadi sebuah aplikasi yang sudah menjaring lebih dari puluhan juta pengguna di Indonesia. Anda bisa menemukan berbagai teman baru dengan minat dan hobi yang sama dengan aplikasi yang satu ini.

Dengan sistem yang baik di aplikasi Tantan, hal tersebut memberikan peningkatan kecocokan pengguna sebanyak 56%. Tantan juga mengklaim memberikan jaminan kepada pengguna dengan tingkat keamanan yang tinggi.

Didalamnya juga terdapat berbagai macam sistem canggih salah satunya adalah sistem identifikasi akun palsu sehingga meminimalisir dampak yang tidak baik pada niat orang – orang didalam aplikasi Tantan.


Ada baiknya Anda harus bertanggung jawab dalam menggunakan aplikasi Tantan agar tidak ada hal yang tidak diinginkan terjadi. Pahami semua hal tentang penggunaan aplikasi tersebut. Namun selain aplikasi Tantan, juga masih ada aplikasi lain yang bisa digunakan Anda para jomblo untuk mendapatkan kenalan.

27. WeChat

WeChat adalah layanan komunikasi pesan suara dan teks telepon seluler (ponsel) yang dikembangkan oleh Tencent di Tiongkok. Aplikasi ini dapat digunakan pada beberapa sistem operasi, seperti Android, iPhone, BlackBerry, Windows Phone, dan platform Symbian. Bahasa yang didukung termasuk Bahasa Inggris, Hanzi tradisional/disederhanakan, Indonesia, Spanyol, Portugis, Thailand, Vietnam, dan Rusia. WeChat didukung pada Wi-Fi, 3G, dan data 4G jaringan.

28. Daylimotion



Dailymotion adalah suatu situs berbagi video secara online yang menduduki peringkat ke dua setelah situs Youtube. DailyMotion bepusat di Paris, Prancis, dengan menawarkan isi konten yang terdiri dari gabungan video baik secara amatir maupun professional. Seperti situs berbagi video lainnya, DailyMotion mengizinkan penggunanya untuk meng-upload file, melihat, mencari, dan membagikan video yang mereka inginkan. Tahun 2009, situs Dailymotion berhasil menambahkan 16.000 video baru setiap harinya. Sebagai sebuah situs yang besar, Dailymotion berusaha untuk menunukkan dirinya berbeda dari situs yang lain dengan berfokus pada kualitas kinerja mereka, dan berusaha juga untuk menunjukkan manfaat bagi 10.000 mitra kerja mereka, seperti HBO, Showtime, Netflix, Hulu, FOX Sports dan NBC.

29. Pinterest



Pinterest adalah sebuah situs sosial media yang dimana diarahkan secara ketat kepada konten gambar (Unik, Menarik dan Lucu). Dimana kalau kita memiliki gambar yang menarik dan lain dari yang lainnya, pasti gambar kita akan di (re-pin, like, and comment).

Pinterest diluncurkan pada tahun 2010 dan lebih dari 12 Juta orang sudah menggunakan situs sosial media ini.

Situs luar biasa yang bisa kita andalkan untuk menjaring trafik, dan penggunanya kebanyakan kalangan wanita (80%) dan Pria (20%).

30. Flickr


Flickr merupakan situs web untuk berbagi foto dan situs komunitas daring yang merupakan contoh dari aplikasi Web 2.0. Sebagai situs web yang populer untuk berbagi foto pribadi, layanan ini dimanfaatkan oleh banyak blogger sebagai tempat penyimpanan foto. Popularitasnya bertambah seiring peralatan komunitas online yang inovatif yang memperbolehkan foto-foto diberi tanda dan dicari secara folksonomi.

31. Quora



Kehadiran Quora berbahasa Indonesia menjadi versi pertama Quora berbahasa lain di Asia Tenggara dan menjadi kedua di Asia setelah Jepang. Quora, kata Veni, merupakan tempat berbagi pengetahuan dan untuk memahami dunia.

"Keunikan Quora itu adalah memiliki kredibilitas, bisa ditautkan ke media sosial lain, konten berkualitas tinggi dan personalisasi," tambah Veni. "Pengguna bisa tahu apakah konten yang dibaca kredibel atau tidak, karena di dunia online banyak informasi yang belum tentu kredibel."

Cara kerja Quora adalah ketika ada seseorang yang bertanya, Quora akan mendistribusikan pertanyaan tersebut kepada pengguna yang memiliki jawaban berdasar keahlian dan pengalaman yang relevan. Sehingga Quora mampu menyediakan jawaban yang tepat, selain itu memiliki kebijakan untuk menggunakan nama asli untuk meningkatkan level integritas dan kepercayaan terhadap jawaban.

Quora versi beta di Indonesia telah diluncurkan pada akhir Maret lalu dengan lingkup pengguna terbatas. Hanya dalam waktu yang tidak lama, kata Veni, platform telah tumbuh dengan konten berkualitas yang disediakan oleh individu dari berbagai bidang, seperti dosen, peneliti, pengembang perangkat lunak, CEO, fotografer dan editor.


Quora juga memiliki kebijakan "bersikaplah sopan, bersikaplah penuh hormat". Hal itu mengharuskan pengguna dapat menghormati kaidah dalam menggunakan Quora. Platform ini juga menggunakan teknologi seperti pembelajaran mesin, pemrosesan bahasa secara natural dan teknologi pencocokan pola.

32. Tumblr



mekanisme operasinya, Tumblr sebenarnya mirip Twitter. Platform tersebut memungkinkan pengguna membagi beragam jenis posting. Baik berbentuk teks, video, foto, GIF, tautan, maupun quote.

Pengguna juga bisa memanfaatkan kemampuan "Re-blog" yang mirip dengan fungsi "Re-tweet". Pun begitu, Tumblr tak serta-merta sama dengan Twitter. Kedua platform tetap punya perbedaan yang signifikan.


Pertama, Tumblr dilengkapi fitur chat yang memungkinan penggunanya mengobrol maya dengan pengguna lain secara privat dan real time. Syaratnya, kedua pengguna harus saling mengikuti.

33. SoundCloud



SoundCloud adalah sebuah platform audio online yang mengijinkan penggunanya untuk berkolaborasi, promosi, dan mendistribusikan rekaman percakapan, lagu, maupun mp3 yang dibuat ke situs SoundCloud.

SoundCloud awalnya dibuat di Stockholm, Swedia, tetapi mulai resmi didirikan di Berlin, Jerman pada Agustus 2007 oleh disainer  musik Alex Ljung dan artis Eric Wahlfross. SoundCloud mulanya mengijinkan musisi to berbagi lagu mereka dengan pengguna lain kemudian bertransformasi menjadi sebuah alat untuk mempublikasikan penuh track lagu mereka.

Beberapa bulan setelah SoundCloud beroperasi, SoundCloud mulai menantang dominasi MySpace sebagai platform musisi untuk berbagi lagu para penyanyi dan berinteraksi bersama penggemar.

Pada bulan April 2009, SoundCloud menerima pendanaan € 2,5 juta Seri A dari Doughty Hanson Technology Ventures .  Pada bulan Mei 2010, SoundCloud mengumumkan memiliki satu juta pelanggan. Pada bulan Januari 2011,  SoundCloud telah menerima pendanaan $ 10.000.000 Seri B dari Union Square Ventures danIndex Ventures . Pada tanggal 15 Juni 2011, SoundCloud mengumumkan mereka memiliki 5 juta pengguna terdaftar, dan dana investasi dari Ashton Kutcher dan Guy Oseary ‘s A-Grade. Pada tanggal 23 Januari 2012, SoundCloud mengumumkan di blog mereka bahwa mereka memiliki 10 juta pengguna terdaftar.

Fitur utama dari SoundCloud adalah memungkinkan seniman/ produser musik meng-upload musik mereka dengan khas URL . Hampir sama dengan MySpace , yang host musik hanya di situs MySpace. Dengan membiarkan file suara yang akan tertanam di mana saja, SoundCloud dapat dikombinasikan dengan Twitter dan Facebook untuk membiarkan anggota menjangkau audiens mereka lebih baik. 


SoundCloud mendistribusikan musik menggunakan widget dan aplikasi . Pengguna dapat menempatkan widget di situs Web atau blog mereka sendiri dan kemudian secara otomatis akan SoundCloud Tweet setiap musik atau Track yang di upload. SoundCloud memiliki API yang memungkinkan aplikasi lain atau smartphone untuk meng-upload atau download musik dan file suara. Aplikasi yang tersedia untuk iPhone , iPad, danAndroid platform dan Symbian aplikasi juga diduga berada di jalan.


Mungkin itu saja media sosial yang populer kalau ada yang kurang atau tidak tercantum tolong tulis di kolom komentar.



--------------------
Sumber :

google.com

IG@sillvi_illustrations

https://www.google.com/amp/s/www.kompasiana.com/amp/independentnews/selamat-hari-media-sosial-2017_593ba309caf7db4fc2288563

https://agungrangga.com/2018/05/31/kecanduan-media-sosial/

http://dewaputrasemara.blogspot.com/p/sejarah-singkat-sosmed.html?m=1

https://www.google.com/amp/s/pakarkomunikasi.com/pengertian-media-sosial-menurut-para-ahli/amp

https://www.pahlevi.net/pengertian-media-sosial/

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Media_sosial

https://academy.getcraft.com/id/blog/memahami-jenis-jenis-media-sosial?hs_amp=true

https://www.google.com/amp/s/pakarkomunikasi.com/perkembangan-media-sosial-di-indonesia/amp

https://m.brilio.net/amp/wow/10-media-sosial-teraktif-di-indonesia-mana-yang-sering-kamu-pakai-180214v.html


https://www.netralnews.com/news/singkapsejarah/read/97615/inilah-sejarah-berdirinya-twitter-yang-fenomenal-di-dunia

https://www.anakkost.tv/sejarah-youtube/

https://ajaib.co.id/ini-manfaat-media-sosial-linkedin-untuk-pebisnis-digital/

https://m.liputan6.com/tekno/read/3879012/telegram-adalah-aplikasi-serupa-whatsapp-dengan-fitur-yang-tak-kalah-menarik

https://www.nesabamedia.com/pengertian-line/amp/

https://starngage.com/segala-hal-tentang-tiktok-yang-harus-diketahui/

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Blogger_(layanan)

https://www.google.com/amp/s/www.kompasiana.com/amp/titoyulianto/10-fakta-tentang-blognya-bloggercom_5577f247117b6138782ce4af

https://bantuan.kaskus.co.id/hc/id/articles/214603718-Sekilas-Tentang-KASKUS

https://www.domainesia.com/tips/apa-itu-wordpress-pengertian-wordpress-yang-harus-anda-tahu/amp/

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Wikipedia

https://www.google.com/amp/s/gamebrott.com/7-game-hago-terbaik-yang-kamu-bisa-mainkan-sekarang-juga/amp

https://www.google.com/amp/s/www.kompasiana.com/amp/tinorenato/mempelajari-situs-indowebster-sangatlah-mudah_5529759ff17e61df728b45db

http://www.abonu.com/kegunaan-snapchat-dan-cara-menggunakannya/

https://media.netflix.com/id/about-netflix

https://www.google.com/amp/s/amp.kaskus.co.id/thread/578f74fb507410f0718b456a/aplikasi-bigo-live-kenapa-bisa-tenar

https://dailysocial.id/post/apa-itu-sing-karaoke-by-smule-dan-bagaimana-cara-menggunakannya

https://like.id.uptodown.com/android

https://www.google.com/amp/s/www.kompasiana.com/amp/elkiaaulia/wattpad-aplikasi-keren-bagi-para-penulis-dan-pembaca_55547d8c73977331149054eb

https://www.joox.com/id/faq.html

https://ruanglaptop.com/review-aplikasi-tantan-untuk-jomblo/

https://id.m.wikipedia.org/wiki/WeChat

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Dailymotion

https://ads.id/forums/index.php?threads/tentang-pinterest-fungsi-yang-bisa-kita-gunakan.120252/

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Flickr


https://www.google.com/amp/s/tekno.tempo.co/amp/1093944/platform-tanya-jawab-quora-kini-hadir-dalam-bahasa-indonesia

https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/tekno/read/2016/02/17/20060077/Diblokir.di.Indonesia.Apa.Itu.Tumblr

https://www.google.com/amp/s/sulistio94.wordpress.com/2013/10/13/tentang-soundcloud/amp/



2 komentar: