Selamat Datang Di Blog Saya

Selasa, 31 Maret 2020

Anime yang mendunia


Anime merupakan animasi atau kartun dari negara Jepang, anime bukan hanya terkenal di Jepang namun telah terkenal di dunia termasuk di Indonesia

Anime adalah istilah untuk menyebut film animasi atau kartun dari Jepang. Asal katanya dari animation, dalam bahasa Jepangnya animeshon yang disingkat jadi Anime. Dan sampe sekarang isitilah Anime sendiri dipake untuk membedakan film kartun buatan Jepang dengan yang lain.

 Kata anime tampil dalam bentuk tulisan dalam tiga karakter katakana a, ni, me (アニメ) yang merupakan bahasa serapan dari bahasa Inggris "Animation" dan diucapkan sebagai "Anime-shon".

Anime (アニメ) (dibaca : a-ni-me, bukan a-nim) adalah animasi khas Jepang yang biasanya dicirikan melalui gambar-gambar berwarna-warni yang menampilkan tokoh-tokoh dalam barbagai macam lokasi dan cerita yang ditujukan pada beragam jenis penonton. Anime dipengaruhi gaya gambar manga, komik khas Jepang.

Anime dapat berupa animasi dengan teknik tradisional (kartun atau teknik menggambar dengan tangan) maupun animasi dengan teknologi komputer (3D, CGI).

dan hal menarik kenapa saat ini Anime dibedakan dengan Animasi, padahal asal kata anime dari animasi. Yang membedakannya itu ternyata adalah kultur budaya.

bentuk animasi tertua di dunia. Bahkan ketika teknologi elektronik dan komputer belum diketemukan, pertunjukan wayang kulit telah memenuhi semua elemen animasi seperti layar, gambar bergerak, dialog dan ilustrasi musik.
Secara umum sebenarnya anime dan animasi atau kartun adalah sama namun pada anime ada kultur budaya yang mempengaruhi terutama komik. Perbedaan yang ada pada anime dan animasi pada umumnya adalah pada:

1. Mata, pada anime mata digambarkan besar dan terkesan agak melotot, atau kalau tidak sipit sekalian dan terkesan matanya hanya sebatas garis diwajah. Mungkin obsesi orang Jepang kali ya yang punya mata sipit trus pingin punya mata besar sehingga menumpahkan obsesi itu pada manga.

2. Rambut, pasti harajuku style. Pelopor yang paling banyak ber-harajuku adalah Dragon Ball. Entah kenapa rambutnya kalau tidak botak pasti lancip-lancip. Bandingkan dengan animasi seperti Asterix dari Prancis atau super hero dari DC dan Marvel atau negara lainnya maka rambutnya akan terkesan biasa dan sangat sedikit penggambaran lancipnya.



Animasi mulai ada di Permulaan abad ke-20, saat para pembuat Film mengeksperimenkan Teknik Animasi yang sudah ada di Amerika Serikat, Prancis, Jerman dan Russia. Sejarah karya animasi di Jepang diawali dengan dilakukannya First Experiments in Animation oleh Shimokawa Bokoten, Koichi Junichi, dan Kitayama Seitaro pada tahun 1913. Kemudian diikuti film pendek karya Oten Shimokawa yang merupakan Anime pertama. Anime ini berjudul Imokawa Mukuzo Genkanban no Maki, Anime ini dibuat dan selesai pada tahun 1917, Anime ini hanya berlangsung selama 5 menit dan sampai sekarang Anime itu tidak dipakai lagi. Anime ini bercerita tentang seorang samurai sedang mengetes Pedangnya dengan suatu Target. Pada saat itu Oten membutuhkan waktu 6 bulan hanya untuk mengerjakan animasi sepanjang 5 menit tersebut dan masih berupa “film bisu”. Karya Oten itu kemudian disusul dengan anime berjudul Saru Kani Kassen dan Momotaro hasil karya Seitaro Kitayama pada tahun 1918, yang dibuat untuk pihak movie company Nihon Katsudo Shashin (Nikatsu). Pada tahun 1918 Seitaro kembali membuat anime dengan judul Taro no Banpei. Tetapi semua catatan tentang anime tersebut dikatakan hilang akibat gempa bumi di Tokyo pada tahun 1923.

Pada tahun 1927, Amerika Serikat telah berhasil membuat animasi dengan menggunakan suara (pada saat itu hanya menggunakan background music). Jepang kemudian mengikuti langkah itu dan anime pertama dengan menggunakan suara musik adalah Kujira (1927) karya Noburo Ofuji.  Sedangkan anime pertama yang “berbicara” adalah karya Ofuji yang berjudul Kuro Nyago(1930) dan berdurasi 90 detik. Salah satu anime yang tercatat sebelum meletus Perang Dunia II dan merupakan anime pertama dengan menggunakan optic track (seperti yang digunakan pada masa sekarang) adalah Chikara To Onna No Yononaka (1932) karya Kenzo Masaoka.

Lama sesudah itu, tahun 1962 ada Anime yang merupakan Salah Satu Anime yang memasuki Era kesuksesan pertama. Anime ini bernama Tetsuwan Atom (Di Luar Jepang, Anime bernama Astro Boy) Karya Ozamu Tezuka. Astro Boy sangat Terkenal, bahkan sampai ditayangkan ke beberapa negara di luar Jepang. Namun, Astro Boy bukanlah animasi televisi buatan lokal pertama. Tahun 1960 adalah pertama kalinya ditayangkan anime TV di Jepang, yaitu yang merupakan Mittsu no Hanashi (Tree Tales) – The Third Bloodanime TV Special. Ozamu Tezuka dikatakan sebagai "Legenda dan Dewa para Manga". Astro Boy dibuat oleh Osamu Tezuka Production Animation Departement yang didirikan oleh Ozamu Tezuka (Dia mendirikan perusahaan baru ini di tahun 1962).

Seiring permulaan tahun 1970, Populasi pembelian Manga semakin Melonjak. Robot (Mecha) besar dalam anime pertama kali diperkenalkan pada tahun 1966 melalui karya Shotaro Kaneda, Tetsujin 28. Sejak itu mulai bermunculan anime-anime yang bertema hampir serupa, Contohnya Gundam. Anime yang diangkat dari karya mangaka dengan nama Monkey Punchyaitu Lupin Sansei (Lupin III) menjadi anime yang ditujukan bagi penonton dewasa dengan menyajikan humor-humor dewasa dan slapstick violence. Acara televisi ini ternyata sangat digemari sehingga muncul dalam bentuk film dan bahkan serial televisinya pun dibuat menjadi 2 sekuel.

Memasuki era 80-an, anime semakin digemari dan semakin banyak produser film yang berusaha memenuhi keinginan masyarakat. Pertumbuhan ini semakin ditunjang denganmunculnya kaset video sebagai media. Dengan adanya teknologi VCR, masyarakat bisa memperoleh anime kesayangan mereka dalam bentuk video. Hal inilah yang kemudian mendorong munculnya versi video sebuah anime yang langsung dijual kepada masyarakat tanpa harus ditayangkan di televisi terlebih dahulu. (Dikenal dengan istilah OVA - Original Video Animation atau OAV - Original Animated Video). Keiji Nakazawa mengangkat tema korban Hiroshima dengan judul Hadashi no Gen yang diangkat menjadi anime pada tahun 1983 dengan sutradara Masaki Mari. Salah satu anime terkenal yang mengangkat tema serupa adalah Hotaru no Haka (Grave of the Fireflies). Dengan bermunculannya anime-anime dengan tema yang kompleks dan mendalam, maka anime telah menembus batasan “hanya untuk anak-anak” dan telah menjadi tontonan bagi berbagai macam tingkat usia pemirsa.

Anime masuk di Indonesia pertama kalinya adalah sekitar awal tahun 1980-an yang pada masa tersebut hadir dalam format video kaset. Tahun-tahun selanjutnya perjalanan hidup anime mengalami pasang surut dan sempat vakum seiring berakhirnya era mesin video Beta pada akhir tahun 1980-an. Sedangkan stasiun televisi lebih banyak memberikan jam tayangnya untuk animasi buatan Amerika atau Eropa yang dianggap lebih mudah memperoleh popularitas. Anime kemudian tidak lagi dianggap sebagai suatu trend sehingga sedikit demi sedikit mulai ditinggalkan.

Hingga akhirnya pada pertengahan tahun 1990-an anime mulai kembali eksis dan merupakan hal yang menggembirakan bagi penggemar anime di Indonesia. Stasiun-stasiun televisi mulai kembali gencar menayangkan acara anime. Saint Seiya, Sailor Moon, Magic Girls, Magic Knight Rayearth, Dragon Ball, Shulato dan masih banyak judul lainnya yang pernah ditayangkan mendapatkan respon positif dari pada penggemarnya dimana masih tetap eksis walaupun sebagai kelompok minoritas dan secara tidak langsung mendukung perkembangan anime di Indonesia.


Kemudian pada tahun-tahun terakhir ini anime mulai kembali menjadi booming lagi di Indonesia. Seperti yang dapat dilihat dari kepopuleran anime Pokemon dan Crayon Shinchan yang menghebohkan sekaligus paling kontroversial pada beberapa tahun yang lalu. Hal ini dapat dilihat dengan banyaknya porsi tayang untuk anime yang mulai mendominasi program film animasi di berbagai stasiun televisi. Beberapa diantaranya seperti Doraemon, Saint Seiya, Sailor Moon, Crayon Shinchan, Medabots, Card Captor Sakura, Beyblade, Inuyasha, Pokemon, Digimon, Minky Momo, Creamy Mami, Shaman King, Ghost at School. Bubu Chacha, One Piece, Hunter X Hunter, Cashern dan Hamtaro.


Tahun 1980-1989

Berawal dari serial Google V, Ultraman hingga anime klasik seperti Voltus V, Macross, Gundam bahkan dorama Klasik Oshin, sedikit demi sedikit masyarakat Indonesia mulai diperkenalkan kepada bentuk dan jenis hiburan yang berasal dari Jepang (J-Entertaintment). Pertama kali anime masuk di Indonesia adalah sekitar awal tahun 1980-an yang langsung menjadi trend di masyarakat. Hal ini disebabkan karena anime-anime pada masa tersebut merupakan pelopor dari eksistensi anime di Indonesia. Yaitu untuk pertama kalinya masyarakat mengenal anime, yang sama sekali berbeda dengan film-film animasi buatan Amerika atau Eropa Barat yang sebelumya merajai dominasi film di animasi Indonesia. Masyarakat memandang anime sebagai suatu bentuk hiburan baru yang unik dan menarik sehingga dengan cepat meraih popularitas. Penonton anime di Indonesia pada masa tersebut terutama adalah anak-anak.


Pada periode tersebut anime beredar dalam bentuk format video cassete yang muncul seiring dengan populernya mesin video Beta. Dan yang sangat berperan besar dalam peredaran dan perkembangan anime pada saat itu adalah Trio Video Tara, yaitu sebagai satu-satunya distributor resmi anime di Indonesia.

Anime yang masuk di Indonesia terutama adalah judul-judul yang populer dan dibuat di Jepang pada era 1970-an, yaitu anime genre science fiction yang banyak menampilkan cerita dengan mecha Super Robot, seperti Voltus V, God Sigma, Captain Giking, Getta Robo, atau Star Blazers. Selain genre science fiction, di Indonesia juga terdapat anime dengan genre komedi seperti Doraemon, genre Magical Girls seperti Lulu The Flower Angel, atau genre drama romance seperti Candy-Candy dan lain sebagainya.

TVRI sebagai satu-satunya stasiun televisi di Indonesia pada masa itu juga turut berperan dengan menayangkan anime. Dimulai dengan ditayangkannya anime Kum-Kum (Wanpaku Omukasi Kum-kun), sejak saat itu secara perlahan tapi pasti animo masyarakat terhadap anime mulai tumbuh.

Tahun-tahun selanjutnya perjalanan hidup anime mengalami pasang surut dan sempat vakum seiring dengan berakhirnya era mesin video Beta pada akhir tahun 1980-an. Hal ini juga dikarenakan stasiun televisi lebih banyak memberikan jam tayangnya untuk animasi buatan Amerika atau Eropa yang dianggap lebih mudah memperoleh popularitas. Trend anime kemudian mulai memudar dan sedikit demi sedikit ditinggalkan dan masyarakat beralih ke sesuatu yang lebih populer pada saat itu. Tetapi bagi para penggemar anime sesungguhnya yang tidak hanya sekedar mengikuti trend, masih tetap eksis walaupun hanya sebagai kelompok minoritas diantara dominasi film Amerika terutama produksi Disney.

Kum Kum anime pertama yang tayang di Indonesia (TVRI)

Tahun 1990-1999

Anime mulai kembali eksis di Indonesia pada awal tahun 1990-an, yaitu seiring dengan bermunculan stasiun-stasiun televisi baru seperti RCTI disusul kemudian oleh SCTV dan Indosiar. Stasiun-stasiun TV tersebut mulai gencar menayangkan sejumlah judul anime yang kemudian menjadi hits atau populer terutama oleh target pemirsa anak-anak, diantaranya seperti Doraemon, Saint Seiya, Sailor Moon, Magic Girls, Magic Knight Rayearth, Born to Cook, Dragon Ball, Shulato dan masih banyak judul lainnya yang pernah ditayangkan oleh stasiun televisi sehingga secara tidak langsung mendukung perkembangan anime di Indonesia.

Anime Doraemon mulai diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia sejak tahun 1991 yang ditayangkan oleh RCTI. Kisah serial Doraemon yang menampilkan kehidupan sehari-hari dari karakter Doraemon, Nobita, dan kawan-kawannya ini menjadi sangat populer dikalangan anak-anak bahkan orang dewasa. Hal ini karena meskipun dengan cerita yang sederhana karena memang ditujukan untuk target pemirsa anak-anak, namun ditampilkan secara menarik sehingga serial ini sampai sekarang mampu bertahan hingga selama lebih dari 20 tahun sejak pertama kali penayangannya.

Meskipun belum dapat mengalahkan dominasi film-film animasi Amerika namun dapat dikatakan dengan ditayangkannya anime-anime tersebut merupakan suatu pernyataan bahwa anime masih dapat berkembang dan diterima oleh masyarakat. Hal ini tentu saja mendapat respon positif serta merupakan sesuatu yang menggembirakan bagi para otaku di Indonesia.

Kemudian karena terjadinya krisis ekonomi di Indonesia, anime pun berada dalam kondisi kritis. Hal ini dapat dilihat dari jumlah jam tayang anime di televisi yang mulai menunjukkan penurunan, dimana juga sempat memunculkan kekhawatiran dari para otaku bahwa sekali lagi perjalanan hidup anime berakhir sampai disitu saja.

Hingga akhirnya pada akhir tahun 1990-an anime mulai kembali booming dan menjadi trend karena adanya ‘demam’ Pokemon (Pocket Monster) yang melanda Indonesia. Siapa yang tidak ingat dengan Pokemon? Pokemon adalah salah satu nama dagang paling kontroversial di dunia ini. Mulai dari jasanya dalam mempopulerkan Game Boy, sistem game handheld terlaris di dunia, hingga mendapatkan penghargaan lewat tokoh Pikachu yang dinobatkan sebagai salah satu figur paling berpengaruh di dunia. Disusul kemudian kesuksesan versi manga, serial anime, dan anime movie yang bahkan meraih sukses besar di Amerika.

Trend anime ini juga didukung dengan munculnya distributor resmi yang berusaha memenuhi kebutuhan otaku akan masuknya lebih banyak anime di Indonesia. Sejak tahun 1999, P.T. Ardya Insani Internasional yang dikenal dengan Tora Home Entertainment selaku pemegang lisensi di Indonesia, bekerja sama dengan pihak Animation International Ltd (AI) yang merupakan distributor anime dari studio-studio ternama di Jepang. Dengan adanya kerjasama tersebut, pihak Tora berhasil mendapatkan ijin resmi untuk mendistribusikan sejumlah anime-anime populer seperti Neon Genesis Evangelion (Shin Seiki Evangelion), Curious Play (Fushigi Yuugi), Flame of Recca (Recca no Honou), Clamp School, Macross, dan lain sebagainya yang beredar dalam bentuk VCD.

Tahun 2000-2003

Anime mulai kembali meraih kesuksesan besar setelah stasiun televisi SCTV membuat gebrakan baru dengan program Animax-nya menayangkan anime Rurouni Kenshin yang diubah dengan judul Samurai X. Kisah seorang samurai pengembara ini menjadi demikian populer sehingga anime mengalami ‘kebangkitan’ kembali yang masih berlangsung hingga beberapa tahun kemudian. Serial anime Pokemon misalnya, ditayangkan pada jam tayang utama di SCTV dan termasuk yang pertama di Indonesia untuk tayangan film animasi. Hal ini merupakan suatu bukti nyata terhadap pengakuan keberadaan anime di Indonesia, karena melalui tayangan-tayangan tersebut sekali lagi masyarakat diperkenalkan bahwa sesungguhnya anime bukanlah sekedar hiburan untuk anak-anak saja. Hal ini dapat dilihat dari kecenderungan pemirsa yang lebih dewasa juga semakin menyukai film-film animasi buatan negeri Sakura tersebut.

Selain itu tayangan anime juga tampak mulai mendominasi tayangan film-film animasi di sejumlah stasiun televisi. Dunia anime di Indonesia memasuki babak baru dalam perkembangannya yang dianggap signifikan. Hampir setiap hari ditayangkan serial anime-anime populer, beberapa diantaranya seperti Samurai X, Sakura Wars, Dual!, Popolocrois, dan Pokemon oleh SCTV; Card Captor Sakura dan Fushigi Yuugi oleh TPI; Crayon Shinchan oleh RCTI; Meitantei Conan dan Inuyasha oleh Indosiar. Genre anime yang ditayangkan juga lebih beragam jika dibandngkan dengan anime-anime yang masuk pada periode 1980. Menyusul kesuksesan Pokemon, mulai gencar ditayangkan anime-anime dimana memiliki tema karakter yang serupa yaitu seperti Digimon Series maupun Monster Farm.

Selain televisi, anime mulai mencoba merambah bioskop, yaitu dengan menayangkan Doraemon the Movie. Anime movie dengan judul Daichohen Doraemon, Nobita no Taiyou o Densetsu atau yang diterjemahkan sebagai Doraemon Petualangan, Legenda Raja Matahari ini ditayangkan mulai tanggal 29 Juni 2001.

Film Doraemon ini merupakan anime versi layar lebar atau anime movie pertama di Indonesia. Anime ini mengisahkan petualangan Doraemon bersama Nobita dan kawan-kawannya di Negeri Mayana, Negeri ini terinspirasi oleh Maya, sebuah kerajaan kuno di Amerika Tengah yang lenyap secara misterius sebelum kedatangan para penakluk Spanyol. Di sana Doraemon dan kawan-kawan membantu Pangeran Tio dalam menghadapi Redina, seorang penyihir jahat.

Menariknya, versi manga dari anime ini sudah ditebitkan oleh P.T Elex Media Komputindo dengan judul yang sama, sebagai seri ke-20 Doraemon Petualangan. Penayangan anime dan penerbitan manga yang nyaris bersamaan ini sepertinya bukan kebetulan. Apalai anime ini mengalami sulih suara yang dikerjakan oleh tim dari serial Doraemon di RCTI. Semua ini tampaknya dibuat untuk memperingati 30 tahun kisah Doraemon dan 10 tahun keberadaan Doraemon di Indonesia. Meskipun tidak mengalami sukses yang luar biasa namun dengan penayangan Doraemon tersebut boleh dibilang sebagai langkah awal. Setelah ini, para penggemar anime boleh optimis terhadap keberadaan anime di bioskop Indonesia. Dan sudah waktunya layar bioskop menayangkan anime untuk target pemirsa usia remaja ke atas. Judul-judul anime legendari seperti Akira, Ghost in The Shell, Grave of Firefiles, dan Macross Plus sudah sangat dinantikan. Terlebih lagi setelah kemenangan Sen to Chihiro no Kamikakushi yang mendapatkan Academy Award sebagai film animasi terbaik pada bulan Maret 2003 yang lalu.

Selanjutnya hampir di sebagian besar stasiun televisi menayangkan anime. Bahkan beberapa diantaranya mempunyai program khusus untuk tayangan anime, seperti yang dilakukan oleh stasiun televisi baru pada jaman itu, TV7, sebagai salah satu anak perusahaan Gramedia, menayangkan program khusus anime setiap hari Senin hingga Jumat pada sore hari. Lalu, anime tidak hanya dapat dinikmati pada setiap hari Minggu pagi saja seperti yang terjadi sebelumnya, bahkan dapat dijumpai tayangan anime yang diputar setiap harinya selama seminggu. Jumlah tayang anime yang diputar di televisi sampai sudah tidak terhitung lagi karena begitu besar antusiasme pihak stasiun televisi untuk saling berlomba-lomba memanfaatkan momen trend anime ini. Seperti terobosan yang dilakukan Trans TV dalam menayangkan anime Movie dengan tema yang cukup ‘berat’ pada jam tayang utama (Prime Time), yaitu Blue Submarine No. 6 (Ao no Roku Go) dan Jin Roh: the Wolf Brigade.

Pada periode ini, kepopuleran anime sudah begitu sangat luar biasa sampai kepada kondisi yang sulit dibayangkan sebelumnya. Semenak akhir tahun 1990-an yang berlanjut hingga tahun 2000-an, jalur peredaran anime di Indonesia lebih banyak melalui rental maupun toko anime dalam format VCD/DVD. Hal ini semakin bertumbuh seiring dengan menjamurnya komunitas anime di Indonesia. Sehingga dengan demikian para otaku di Indonesia dapat terus mengikuti perkembangan anime terbaru yang sedang diputar atau digemari di Jepang. Kini jauh lebih mudah untuk mencari dan mendapatkan berbagai macam judul anime, bahkan para otaku dapat menikmati tontonannya hanya dalam jangka waktu beberapa hari setelah penayangannya di Jepang. Diantaranya seperti Wolf’s Rain, Saint Seiya: Hades Chapter, Ghost in The Shell: Stand Alone Complex, Junni Kokki, dan lainnya yang ditayangkan oleh televisi-televisi Jepang.

Tidak dapat disangkal bahwa anime mempunyai kaitan yang erat dengan trend. Berkat adanya trend anime, secara tidak langsung memiliki pengaruh terhadap eksistensi dan perkembangan anime di Indonesia. Untuk masyarakat umumnya lebih banyak mengikuti apa saja yang sedang menjadi trend terbaru.

Seperti yang tampak ketika fenomena Pokemon melanda Indonesia, yaitu dimana banyak orang begitu menjadi tergila-gila pada egala hal yang ‘berbau’ Pokemon terutama pada sosok karakter Pikachu yang lucu. Animenya yang terlebih dahulu terkenal ketika beredar daam format VCD tersebut kemudian menjadi salah satu judul yang paling populer di Indonesia.

Terutama setelah anime Movienya berjudul Myuutsu ni Gyakushuu (Pokemon The First Movie)


ditayangkan di bioskop-bioskop di Indonesia, booming Pokemon ini menjadi suatu trend yang fenomenal pada tahun 2000 yang lalu. Melihat kesuksesan Pokemon tersebut maka SCTV melihat peuang bagus untuk menayangkan anime pada jam tayang utama yang mendapat respon posistif dari masyarakat. Kenyataan bahwa anime dianggap sebagai suatu trend baru yang melanda Indonesia ini juga dapat dilihat seperti munculnya ‘demam’ Shinchan yang menghebohkan pada beberapa waktu yang lalu dimana sempat menjadi perdebatan paling kontroversial.

Sedangkan untuk kalangan otaku, pada dasarnya tidak terpengaruh atau hanya sekedar mengikuti pada apa yang menjadi trend atau fenomena di masyarakat. Perkembangan trend anime di kalangan otaku Indonesia lbih mengacu atau terpengaruh oleh trend anime yang sedang berlangsung di Jepang. Dengan kata lain, anime yang sedang digemari atau populer di Jepang umumnya juga populer di kalangan otakuy Terlebih lagi setelah para otaku di Indonesia kini dapat dengan mudah mendapatkan anime-anime terbaru yang sedang ditayangkan di Jepang hanya selang beberapa hari saja melalui peredaran anime fansub.

Pada tahun 1980-an, trend anime untuk pertama kalinya mulai melanda Indonesia dimana disebabkan karena pengaruh dari maraknya trend anime yang terjadi di Amerika. Anime-anime dengan genre mecha seperti Voltus V, Goshogun, atau GodSigma menjadi populer pada masa tersebut. Namun maraknya anime yang populer seiring dengan era mesin video Beta tersebut kemudian mulai semakin memudar. Pada awal tahun 1990-an, anime kembali menjadi sebuah trend ketika bermunculan stasiun-stasiun televisi baru dan mulai menyiarkan anime di layar kaca, diantaranya seperti Doraemon, Sailor Moon, dan Saint Seiya. Anime-anime itu mencapai sukses besar dan menjadi totonan yang sangat dinantikan oleh target permirsa anak-anak pada masa tersebut. Menjelang pertengahan tahun 1990-an, trend anime mulai kembali pudar dan hanya bertahan pada kalangan pengemar dan otaku saja.

ANime kemudian sekali lagi mulai terekspose setelah maraknya peredaran VCD anime bootleg, pada akhir tahun 1990-an. Fenomena ini didukung oleh banyaknya publikasi amajalah yang bermunculan dengan menawarkan anime-manga sebagai tema utama. Majalah-majalah tersebut seperti Animonster, AnimeInfo, Anime, Oops, Animix dan masih banyak lainnya ini memanfaatkan momen trend anime tersebut dimana sekaligus ingin turut membantu perkembangan anime di Indonesia. Dan sejak saat itu, booming anime mulai smakin terasa dan masih berlangsung hingga saat ini. Hal ini dapat dilihat dengan menjamurnya komunitas-komunitas anime yang kini semakin berani menyerukan kecintaan mereka terhadap anime.

Momen trend anime yang sedang terjadi di Indonesia ini, juga didukung oleh sejumlah stasiun televisi dengan menayangkan lebih banyak anime. Bahkan pada sejumlah stasiun televisi mempunyai program khusus anime. Trans TV sebagai stasiun televisi baru di Indonesia pada amsa itu, melihat trend anime yang sedang berkembang di Indonesia, yaitu dengan menayangkan anime-anime populer seperti Ninku, Trigun, atau Flame of Recca. Yang patut digarisbawahi adalah penayangan anime Movie denga tema’berat’ seperti Blue Submarine No. 6 dan Jin-roh: the Wolf Brigade serta rencana penayangan anime yang dapat dikategorikan sebagai anime kontroversial seperti Love Hina dan Neon Genesis Evangelion.


Berkat adanya trend ini tentunya merupakan hal yang menggembirakan bagi sebagian kalangan otaku di Indonesia. Karena hampir tiap harinya dapat dijumpai sejumlah tayangan anime. Judul-judul anime tertentu yang tidak terduga kemunculannya justru dijumpai tampil di layar televisi.


Secara ilmiah genre adalah genre merupakan suatu gaya atau jenis karya sastra , seni, musik atau film tertentu yang bisa dikenali atau dibedakan karena ciri khasnya.

Secara umum Genre berarti bentuk,kategori atau klasifikasi tertentu dari beberapa anime yang memliki kesamaan bentuk , latar , tema, susasana, dan lainnya.

Banyak anime yang mempunyai banyak genre. Mayoritas dalam sebuah anime biasanya terdapat 1-5 genre tergantung dari kebutuhan produksi itu sendiri.

Berikut macam genre anime :

1. Action
Berhubungan dengan aksi dan perkelahian, bisa menggunakan senjata atau tanpa senjata. Biasanya ditunjukkan dengan gerakan-gerakan setiap tokoh anime pada alur cerita.

Contoh: Sword Art Online, Akame Ga Kill dll

2. Adventure
Menampilkan kisah perjalanan, petualangan dan penjelajahan karakter yang biasanya bertujuan untuk menggapai ambisi atau menyelesaikan misi.

Contoh: Akatsuki no Yona, Arslan Senki dll.

3. Mecha
Berhubungan dengan dunia robot atau yang berhubungan dengan mesin.

Contoh: Aldnoah Zero, Buddy Complex dll

4. Cars
Anime yang berfokus pada mobil seperti balapan dll.

Contoh: Bakuso Kyoudai, Initial D dll.

5. Drama
Menampilkan kisah kehidupan yang situasi atau kondisinya secara kompleks, penuh emosional dan konflik batin.

Contoh: Clannad, White Album dll.

6. Fantasy
Menceritakan kisah penuh imajinatif atau hal yang tidak pernah ada di dunia nyata.

Contoh: Kyokai No Kanata, Soredemo a Utsukushii dll.

7. School Life
Alur cerita lebih sering terjadi di sekolah.

Contoh: Kokoro Conect, tari-tari dll.

8. Slice of Life
Kehidupan sehari-hari yang umumnya kita alami dan bisa di sebut dengan nilai kehidupan keseharian manusia.

Contoh: One Week Friend/ Isshuukan Friend, Tsuki Ga Kirei dll.

9. Samurai
Samurai sendiri merupakan prajurit elit dari kalangan bangsawan. Selain menceritakan tentang tokoh samurai sendiri, anime tersebut juga menunjukkan gambaran tentang kehidupan pada saat itu.

Contoh: Samurai X, Gintamana dll.

10. Military
Jalan ceritanya berlatar belakang peperangan atau serba serbi militer.

Contoh: Gate: Jietai Kanochi nite Kaku Tatakaeri, Fullmetal Alchemist Brotherhood dll.

11. Historical
Jalan ceritanya berlatar belakang lampau atau lawas baik penggambaran atau ceritanya.

Contoh: Kaguya Hime no Monogatari, Eikoku Koi Monogatari dll.

12. Police
Menceritakan tentang polisi atau memiliki karakter utama sebagai aparat yang melindungi warga.

Contoh: Psycho-Pass, Ghost in The Shell dll.

13. Sci-Fi (Science Fiction)
Menceritakan dunia di mana teknologi ilmu pengetahuan yang merajarela di dunia dan khususnya tentang teknologi masa depan.

Contoh: Charlotte, Mahouka koukou no rettousei dll.

14. Sport
Berhubungan dengan olahraga seperti Voli, Renang dll.

Contoh: Haikyuu!!, Free dll.

15. Matrial Art
Semua yang berhubungan dengan seni bela diri seperti karate, judo dll.

Misal: Naruto, Bento dll.

16. Musik
Memakai musik sebagai tema biasanya dimainkan oleh tokoh dalam bentuk solo, band, grup dance atau pertunjukan musikal.

Contoh: K-On, Fuuka dll.

17. Harem
Satu laki-laki dikelilingi banyak perempuan.

Contoh: Nisekoi, To Love ru dll.

18. Reverse Harem
Satu perempuan dikelilingi banyak laki-laki.

Contoh: Amnesia, Brother Conflic dll.

19. Romance
Menceritakan kisah percintaan perempuan dan laki-laki yang sifatnya menjaga hubungan tersebut.

Contoh: Kimi No Todoke, Chuunibyou dll.

20. Shoujo
Biasanya berhubungan dengan masalah percintaan atau pengembangan karakter dan ditunjukkan untuk perempuan berusia 10-18 tahun.

Contoh: Ao Haru Ride, Gekkan Shoujo dll.

21. Josei
Alur ceritanya lebih kompleks dari genre shoujo dan ditunjukkan untuk perempuan berusia 18-30 tahun.

Contoh: Chihayafuru, Nodame Cantabile dll.

22. Seinen
Biasanya berhubungan dengan masalah dewasa dan ditunjukkan untuk pria berusia 18-30 tahun.

Contoh: ACCA: 13-ku Kansatsu-ka, Amaama to Imazuma dll.

23. Shounen
Biasanya memiliki ciri khas dengan cerita zero to hero atau dalam artian pada tokoh utama dari lemah menjadi kuat dan ditunjukkan untuk laki-laki berusia 10-18 tahun.

Contoh: Guilty Crown, Ao no Exorcist dll.

24. Shoujo-ai
Menceritakan hubungan antar sesama jenis perempuan tetapi hanya sebatas teman atau saudara dekat.

Contoh: Yuri-yuri, Candy Boy dll.

25. Shounen-ai
Menceritakan hubungan antar sesama jenis laki-laki tetapi hanya sebatas teman atau saudara dekat.

Contoh: Junjou Romantica, Super Lovers dll.

26. Kids
Anime dikhususkan untuk anak-anak saja tetapi tidak menuntut kemungkinan remajapun bisa.

Contoh: Doraemon, Crayon Shin-chan dll.


27. Space
Anime yang berlatar belakang luar angkasa, biasanya juga berhubungan dengan mendarat ke planet lain.

Contoh: Uchuu Kyoudai, Uchu Show e Youkoso dll.

28. Comedy
Anime yang membuat tertawa.

Contoh: Hataraku Maou-sama!, Baka to Test to Shoukanjuu dll.

29. Parody
Anime yang membuat lawakan akan tetapi lawakan yang disajikan di genre ini berbeda dengan comedy. Lawakan yang disajikan adalah plesetan dari ‘Komik, manga, film, sinetron, acara komedian, tv, peristiwa, sejarah bahkan anime lain.

Contoh: Genshiken, BinBougami dll.

30. Game
Seseorang yang menyukai game dan biasanya permainannya diadaptasi dalam sebuah alur cerita.

Contoh: Accel World, Overloard dll.

31. Supranatural
Melibatkan kekuatan yang tidak dapat dijelaskan atau peristiwa yang menentang hukum ilmu pengetahuan manusia.

Contoh: Re-Kan, Devil Survivor dll.

32. Super Power
Hampir sama dengan supranatural, bedanya super power lebih memperlihatkan kekuatan super yang lebih besar dengan daya hancur yang luar biasa.

Contoh: Kekkai Senssen, Naruto dll.

33. Magic
Berhubungan dengan sihir seperti penyihir dll.

Contoh: Mohou Shoujo Desuka, Kore Wa Zombie Desu Ka dll.

34. Demons
Menceritakan tentang Dewa, Iblis atau Malaikat.

Contoh: Kamisama Hajimemashita, Inuyasha dll.

35. Horror
Seram, menegangkan atau menakutkan.

Contoh: Another, Ghost Hunter dll.

36. Triller
Menceritakan aksi pertarungan dengan waktu, aksi menantang dan biasanya mendapat halangan dari tokoh antagonis.

Contoh: Mirai Nikki, Zankyou no Terror dll.

37. Vampire
Anime yang mengisahkan atau memiliki nuasa vampire didalamnya.

Contoh: Owari No Seraph, Blood-C dll.

38. Mystery
Menampilkan sebuah misteri dan tentunya tokoh utama yang ditujukan untuk menyelesaikan misteri tersebut.

Contoh: Hyouka, Bungo Stray Dog dll.

39. Psychological
Berkaitan dengan cara berpikir karakter. Biasanya mengandung cara berfikir karakter yang abnormal yang sering di perlihatkan dalam menyelesaikan permasalahan.

Contoh: Boku dake ga Inai, Death Note dll.

40. Dementia
Anime yang memiliki plot mind-twisting yaitu cerita yang membingungkan.

Contoh: Neon Genesis Evagelion, FLCL dll.

41. Ecchi
Berisi adegan-adegan saru atau tidak senonoh namun tidak menjurus ke pornografi melainkan hanya sebagai fanservice.

Contoh: Tasogare Otome x Amnesia, Sankarea dll.

42. Hentai
Sudah mengarah ke ponografi dikhususkan untuk orang dewasa.

Contoh: Kozu No Honkai, B Gata H Kei dll.

43. Yuri
Hubungan menyimpang yaitu hubungan antar sesama jenis perempuan sampai tahap seksual.

Contoh: Cytrus, Strawberry Panic dll.

44. Yaoi
Hubungan menyimpang yaitu hubungan antar sesama jenis laki-laki sampai tahap seksual.

Contoh: Boku no pico, Sekai Ichi Hatsukoi dll.

45. NTR (Netore)
Dalam arti namanya mengartikan cinta yang dikhianati. Anime NTR juga merupakan anime yang dihindari karena dapat meninggalkan sakit hati bagi penontonnya.

Contoh: Nagi No Asukara, Boku Ga Ita dll.

Apapun genrenya, kita sebagai penonton diharapkan bijak memilih mana tontonan yang baik.



Secara umum moe berarti sebutan imut atau cute untuk karakter manga/anime wanita yang disukai. Moe terbagi dalam dua kategori yaitu dilihat dari fisik dan dilihat dari kepribadian.

Jika dari kepribadiannya, moe terbagi beberapa karakter yang dikenal dengan istilah dere.

Dere adalah singkatan dari  dere dere (デレデレ) yang berarti menjadi penuh kasih sayang atau sedang jatuh cinta, dengan kata lain menjadi lovey dovey di depan orang yang disukainya.

Jenis-jenis Dere :

1.Tsundere
     Tipe moe yang paling populer belakangan ini. Tsundere merupakan akronim dari “tsun tsun” (ツンツン) yang berarti sifat galak, dingin, jutek, dan “dere dere” (デレデレ).

Tsundere adalah tipe cewek jutek dan dingin terhadap orang lain. Karakter dengan tipe tsundere biasanya adalah seorang tokoh perempuan yang digambarkan berkarakter hot-blooded (bergairah /bernafsu) , dan berusaha menyangkal setengah mati perasaannya sendiri bila jatuh cinta dengan seseorang. Selain itu, kata tsundere ini juga dipakai untuk menggambarkan seseorang yang biasanya menunjukkan sikap dingin, namun di depan orang yang disukainya, sikap tersebut berubah menjadi penuh kasih sayang. Sorot mata karakter tsundere tajam dan kalau bicara sedikit kasar, tapi sebenarnya dia baik.

Contoh karakter tsundere:
*Senjougahara Hitagi – Bakemonogatari
*Ayuzawa Misaki – Kaichou wa Maid-sama

Selain itu, tsundere dibagi lagi menjadi beberapa tipe berdasarkan faktor penyebab manifestasi sifat tsunderenya antara lain:

Tsundere natural (sifat bawaan)
Sifat tsundere yang paling umum dan paling banyak dijumpai. Sifat ini pada mulanya muncul dari perasaan cemas karakter yang bersangkutan, atau sebagai reaksi spontan untuk lari dari perasaan gugup. Perasaan ini muncul dengan spontan, bahkan dalam beberapa kasus karakter yang bersangkutan tidak menyadari perbuatannya sendiri. Ada berbagai macam tekanan yang dapat mengakibatkan kondisi mental gugup, bergantung pada sensitivitas perasaan karakter. Tipe tsundere yang satu ini sebetulnya relatif lebih mudah ditangani dibandingkan tipe tsundere yang lain.

Contoh: Narusegawa Naru - Love Hina (Hmm, Senjougahara juga mungkin masuk ke tipe ini...)

Tsundere narsisme
Sifat tsundere ini muncul sebagai akibat dari sifat narsis dari karakter yang bersangkutan. Perilaku tsun tsun dan dere dere darinya memang murni disebabkan sifatnya yang berpusat pada diri sendiri. Karakter seperti in paling sulit menerima koreksi dan opini.

Contoh: Shana – Shakugan no Shana

Tsundere ojou
Sifat tsundere yang muncul sebagai akibat latar belakang kehidupan dari karakter yang menerapkan gaya hidup superior. Karakter seperti ini melibatkan sifat gengsi yang memicu perilaku tsun tsun. Pada kasus ini karakter yang bersangkutan akan menempatkan dirinya sebagai orang yang lebih sulit dijangkau meskipun sesungguhnya ia ingin didekati. Seringkali apa yang diutarakan atau diekspresikan berbeda dengan apa yang sebenarnya ada dalam perasaannya. Sekali titik kelemahannya ditemukan, maka karakter tersebut tidak lagi mempunyai alasan ataupun kekuatan untuk menutupi perasaan yang sesungguhnya. Ia dengan segera akan menunjukkan sifat dere dere.

Contoh: Shinku – Rozenmaiden

Deviant tsundere
Jenis tsundere yang paling berbahaya dari semuanya. Fase tsun tsun harus dilewatinya dalam keadaan berbeda dari norma yang biasa sehingga kemungkinan besar akan mengancam kehidupan karakter lain. Keadaan deviant tsundere ini biasanya terjadi di kalangan karakter jahat atau pada karakter-karakter yang lebih menyukai darah daripada perasaan.

Tsundere pragmatis
Klasifikasi terbaru tsundere. Karakter ini cenderung bersikap pragmatis, menanggapi segala sesuatu secara serius, terlalu berpaut pada peraturan, dan biasanya sebagai karakter tsukomi yang memiliki selera humor yang rendah. Namun karena sikapnya yang selalu serius, pada suatu waktu ia nantinya berubah menjadi bersikap lembut, sama dengan aura moe tsundere lainnya, sehingga karakter ini secara resmi diklasifikasikan sebagai tsundere.

Extrovert tsundere
Tsundere yang muncul pada karakter yang ceria, ramai, banyak tingkah, ekspresif atau dengan kata lain ekstrovert. Jenis ini merupakan manifestasi tsundere yang paling kekanakan dibandingkan tsundere lainnya. Pada tipe tsundere ini, karakter yang bersangkutan akan melakukan hal apapun untuk dapat mendekati karakter lainnya, biasanya tingkah laku yang jahil atau mengganggu karakter lain, dan inilah fase tsun tsun.

Introvert tsundere
Kebalikan dari extrovert tsundere, dan hanya berlaku pada karakter yang pendiam. Kecenderungannya untuk menyembunyikan perasaan sesungguhnya muncul karena sifat introvertnya sendiri. Dalam kata lain, karakter ini pada dasarnya memang tertutup. Reaksi tsun tsun kemungkinan besar hanya terjadi secara verbal. Tipe ini untuk selanjutnya disebut "dandere".

2.Dandere
    Tipe moe yang masih bisa merebut hati fansnya dengan sikap pendiamnya. Berasal dari kata “danmari” yang berarti pendiam dan “deredere”. Sebuah kata sifat untuk menggambarkan karakter yang pendiam, pemalu namun belakangan melakukan tindakan yang tidak terduga apabila kita perhatikan sifat awalnya yang pemalu. Fase dere dere nya muncul ketika karakter ini berduaan dengan karakter yang disukainya. Atau bisa juga digunakan untuk menggambarkan sifat karakter yang meskipun pemalu namun betindak progressif bahkan melebihi karakter normal.

Sosok dandere ini memang jarang bicara dan kelihatan berekspresi, tapi dia sangat peka dengan lingkungannya. Sangat susah untuk mendekati seorang dandere, tapi kalau sudah dekat, kamu bisa merasakan baiknya dia (dan susahnya lepas dari dia).

Contoh karakter dandere:
Nagato Yuki - The Melancholy of Suzumiya Haruhi
Misaki Mei - Another

3.Yandere
Berasal dari kata “yanderu” (病んでる) yang berarti gangguan mental atau emosional dan “dere dere”. Tipe moe paling parah. Sekilas terlihat baik, tapi dia punya jiwa psycho dalam dirinya dan bisa muncul kapan saja. Misalnya, saat kekasihnya diincar orang lain. Yandere bisa berarti semacam fetish pada objeknya, rasa suka yang berubah menjadi "Pemujaan" murni.

Selain itu, kata yandere juga digunakan untuk merujuk seseorang yang biasanya lembut atau dere dere kepada orang yang disukainya sebelum akhirnya rasa suka mereka terwujud menjadi sesuatu yang menghancurkan, biasanya melalui kekerasan. Karakter yandere mempunyai keadaan mental tidak stabil dan kadang-kadang bisa menjadi benar-benar gila yang menggunakan kekerasan sebagai perwujudan emosi mereka.Berhati-hatilah sama Yandere.

Contoh karakter yandere : Yuno Gasai – Mirai Nikki

4.Kuudere
Berasal dari kata “cool” (kalau di-Jepang-kan akan jadi kuu) dan “dere dere”. Pendiam, tapi tidak emotionless. Ada kalanya mereka menunjukkan sedikit emosi. Tipe ini banyak yang mendekati tsundere jadi akan sedikit susah membedakannya. Perbedaanya, kuudere lebih dewasa daripada tsundere dan bisa menjada imagenya dengan baik. Kuudere lebih kaku dibandingkan tsundere, sorot matanya lebih tajam, dan sikapnya lebih dingin atau tanpa emosi. Gaya bicaranya lebih kaku dan formal. Tapi, jangan salah, kalau dia sudah masuk dere dere mode, kita akan terpana sendiri.

Contoh karakter kuudere:
Yin – Darker than Black
C.C. – Code Geass

Selain keempat tipe yang populer tersebut, ada beberapa jenis tipe derelainnya.

5. Goudare
Tipe dere yang memposisikan dirinya untuk mengabdi pada orang yang di cintainya, ia rela melakukan apapun dan rela mengorbankan dirinya untuk orang yang ia cintai. Ada juga yang bilang kalau tipe goudere adalah tipe orang yang melakukan apa yang dia mau kepada orang yang disukainya yang dianggapnya sebagai “master”. Kata “gou” dalam goudere mungkin berasal dari kata “gougou” yang berarti kehingarbingaran.

Contoh karakter goudere: Ikaros - Sora no Otoshimono

6. Kamidere
Berasal dari kata “kami” yang berarti dewa atau tuhan, dan “dere dere”. Kamidere adalah karakter yang mempunyai kekuatan spesial sehingga ia menganggap dirinya sebagai dewa, karena itu ia menjadi sangat sombong dan bertindak semaunya terhadap orang lain. Tetapi seluruh kesombongannya itu hilang dan ia menjadi rapuh ketika berada di dekat orang yang di sukainya.

Contoh karakter kamidere: Suzumiya Haruhi - The Melancholy of Suzumiya Haruhi

7. Himedare
Berasal dari kata “hime” yang berarti putri dan “dere dere”. Himedere digambarkan sebagai seorang gadis yang kaya dan selalu dimanja seperti seorang putri sehingga sifatnya menjadi egois, tetapi ia akan menjadi rapuh ketika berada di dekat orang yang disukainya. ia menghalalkan segala cara demi mendapatkan orang yang disukainya

Contoh karakter himedere: Ayame Yatsuhashi- Love College

8. Gundere
Diambil dari kata “gun”yang berarti pistol atau senjata api  dan “dere dere”. Sifat gundere hampir sama dengan tsundere yaitu dingin galak dan jutek tetapi akan menjadi manis ketika berada di dekat orang yang disukainya, ketika marah atau kesel ia akan menembakan berbagai jenis senjata api untuk melampiaskan kemarahan atau kekesalan nya (#rada mirip sama hiruma yoichi tapi kalau hiruma nembakin senjata ketika dia bersemangat atau untuk menyemangati temannya)

Contoh karakter gundere: Misato Tachibana - Nichijou

9. Mayadare
Karakter mayadere biasanya dimulai sebagai antagonis yang mencoba membunuh seseorang tetapi kemudian berpindah sisi karena jatuh cinta. Karakter ini tidak bisa ditebak dan berbahaya bagi semua orang termasuk orang yang disukainya.

10. Dorodere
Istilah baru untuk karakter yang “dorodoro” (berantakan dan kacau) di dalamnya tetapi “dere dere” di luarnya.

11. Onidare
Berasal dari kata “oni” yang berarti setan atau iblis dan “dere dere”. Karakter ini sangat kuat, lebih dari manusia biasa. Karakter ini juga sangat cantik menarik tetapi hanya sedikit orang yang mendekatinya karena kekuatan penghancurnya. Karakter ini mungkin mempunyai orang yang disukai tetapi harus menyembunyikannya untuk menjaga imejnya sebagai yang terkuat.


Pembagian staff dalam produksi anime itu penting, karena Industri Anime sendiri merupakan sebuah bidang kerja yang kompleks, apalagi dengan kepopulerannya beberapa tahun terakhir. Dalam sebuah anime yang tayang tiap musimnya, terdapat pembagian staf yang memiliki tugas dan kerja masing-masing.

Seperti inilah pembagian staff dalam produksi anime:

Penulis Skrip
Penulis skrip bisa dikerjakan secara individual maupun berkelompok dengan gabungan beberapa orang. Mereka kemudian menulis skrip untuk tiap episodenya sesuai dengan rencana atau sinopsis yang telah disepakati. Pembagian jatah skrip apabila dilakukan secara berkelompok ditetapkan oleh overall script superivsor.

Episode Director
Tugas staf yang satu ini adalah membawa panduan episode yang sudah jadi dan merencanakan bagaimana penampilannya dalam gambar ataupun layar kaca. Dalam pengembangan seri, episode director terlibat secara langsung di dalamnya.

Key Animation
Berdasarkan storyboard yang telah dipersiapkan, para key animation membuat gambaran berupa ilustrasi animasinya. Tugas mereka menggambar struktur dasar animasi, berupa gambaran tiap frame, serta menandai posisi maupun ekspresi tertentu untuk sebuah karakter. Umumnya dalam satu episode anime, terdapat 20 key animation yang memiliki beban kerja masing-masing dan bertanggung jawab atas tugasnya.

Animation Director
tugas animation director adalah memeriksa semua frame yang dibuat oleh key animation untuk tiap episodenya dan mengoreksi area mana saja yang memang perlu untuk diperbaiki. Tidak jarang terjadi mereka menggambar ulang frame tersebut jika hasilnya kurang memuasakan. Para animation director biasanya adalah animator senior yang memiliki spesialisasi sendiri-sendiri. Sebuah episode anime tidak hanya menggunakan satu animation director jika memiliki episode dengan tehnik penggambaran yang rumit.

Overall Animation Director
Sering merangkap sebagai desainer karakter, mereka bekerja sama dengan para animation director untuk menjaga konsistensi grafik seri anime. Karena memiliki lebih banyak pengalaman, fokus mereka diarahkan pada desain wajah karakter.

In-between Animator
Untuk menghasilkan animasi yang lebih halus, memerlukan lebih banyak frame untuk membuat karakternya bergerak lebih luwes. Inilah tugas in-between animator, mereka difokuskan untuk menggambar gerakan tiap karakter untu mendapatkan hasil yang diinginkan para overall animation director.

Staff Pewarnaan
Setelah frame yang digambar selesai, nantinya akan digitalisasi menggunakan komputer untuk diwarnai oleh staf pewarnaan.

Seiyuu
Pekerjaan mereka mengisi suara karakter anime.

Animator
Staf yang akan menciptakan beragam gambar yang membentuk ilustrasi seolah-olah bergerak ketika ditayangkan dengan cepat di dalam frame.

Animator Supervisor
Tugas mereka mengatur tim animasi untuk tetap bekerja sesuai jadwal yang telah disepakati, mengoreksi hasil kerja dan membagi tugas untuk tiap-tiap animator.

Lite Animator
Tugas lite animatpr adalah menerjemahkan storyboard yang telah dibuat, membuat tempalet batas untuk para tim animasi, mengatur penempatan kamera serta membatasi dan mengatur frame agar sesuai dengan storyboard.

Sutradara
Jabatan ini merupakan jabatan yang paling banyak bersentuhan dengan keseluruhan produksi anime. Mereka menggarap konsep cerita awal, membuat naskah dan storyboard, melakukan casting seiyuu, mengarahkan tim artistik serta bekerja sama dengan komposer untuk membuat backsound dan soundtrack.

Desainer Karakter
Jika suatu seri diadaptasi dari manga atau telah mendapatkan desain karakter sebelumnya dari penggarang, tugas mereka menyederhanakannya desain tersebut sehingga sesuai dengan animasi yang dikonsepkan. Apabila merupakan seri original, mereka bertugas membuat desain karakter baru sesuai arahan storyboard.

Staff Bagian Konsep Art
Mereka melakukan visual referensi sebelum suatu animasi diberikan grafis 3D. Desain karakter, tokoh, bagian frame lainnya di desain dengan format yang berbeda tergantung permintaan penulis skrip.

Staff Bagian Lypsinc
Tugas staf ini adalah menggerakkan bagian muka agar sesuai dengan percakapan antar tokoh, baik ekspresi ataupun kode bibir sesuai dengan arahan storyboard.

Staff Bagian Layout
Tugas dasar staf layout adalah merancang gambar sketsa lingkungan maupun interior ruangan, properti dan bagian lainnya selain karakterisasi dalam sebuah seri anime.

AMV ( Anime music video ) : Sering disingkat menjadi AMV, secara harfiah berarti "video musik anime", klip video dari setidaknya satu seri anime yang diatur sedemikian rupa agar cocok sebagai potongan musik yang diputar di latar belakang.

MAD Movie (MAD動画 maddo dōga?) : Video buatan penggemar Jepang, sangat mirip dengan anime music video (AMV), yang umumnya berasal dari situs web Nico Nico Douga. MAD dapat pula merujuk pada komunitas AMV Jepang, dan dapat pula berupa klip audio, gambar yang disunting, hingga ciptaan yang benar-benar orisinal. MAD tidak harus berhubungan dengan anime, namun MAD yang populer biasanya berhubungan.

Sudah banyak yg buat AMV ini baik fans jepang, fans barat bahkan para fans anime di indonesia

kalau dijepang lebih sering disebut MAD daripada AMV

Kita bisa dengan mudah menemukan video macam ini di youtube, sangat bertaburan disana, keren2, tinggal search aja dengan keyword "nama anime" + AMV/MAD

PV atau Promotional Video adalah video pendek atau video yang berisi promosi yang bertujuan mempromosikan penjualan rekaman, lagu, film, dll.

PV dan MV (music video) hampir sama tapi, PV lebih universal karna tidak hanya mempromosikan video music/video clip tpi juga dapat mempromosikan video-video lain.


Singkatan kata MMD  adalah Miku Miku Dance. Yakni sebuah software atau perangkat lunak komputer yang dibuat dengan tujuan untuk membuat film animasi ringan berbasis hatsune miku. Aplikasi ini sejauh yang saya tahu dibuat untuk khalayak umum / freeware.

Dan didalam penggunaannya, banyak kita temui video mmd di youtube yang berisi tayangan animasi dance atau joget-joget dengan berbagai karakter vocaloid maupun berbagai karakter anime yang lain.

Untuk contoh lengkap dari video AMV ,MAD, PV dan MMD anime, anda dapat melihatnya secara lengkap di youtube.


Website Streaming Anime Legal


1. Crunchyroll

Berbicara tentang stream anime legal, pasti Crunchyroll. Untuk masalah kelengkapan dan update situs ini adalah nomor 1. Crunchyroll bisa dikatakan stream anime no 1 yang bisa kamu gunakan. Selain Anime kamu juga bisa membaca manga disini. Dengan berlangganan sekali kamu sudah bisa mengakses semua koleksi dari Crunchyroll dan menikmatinya. Jika ada istilah Netflix and Chill, maka pencinta Anime mengatakan Cruncyroll and Chill.


2. Netflix

Berbeda dengan Crunchyroll yang full anime, Netflix justru memfokuskan pada TV series mereka. Namun, ia juga tidak ketinggalan untuk update masalah anime. Belum lagi Netflix yang memiliki  karya orginal, juga membuat anime original yang tidak kalah seru dengan bekerjasama dengan studio anime asal jepang sebut saja beberapa judul seperti Devil Man Crybaby. Namun untuk kelengkapan Anime jelas Crunchyroll lebih unggul.


3. Hulu

Hulu adalah sebuah stream service yang cukup terkenal. Meski namanya tak harum seperti Netflix atau Chrunchyroll, hulu tak kalah banyak untuk koleksi anime. Judul-judul ternama seperti Blach, Naruto, Black Clover, semuanya tersedia disini. Untuk masalah harga Hulu juga tak kalah bersaing. Sayangnya jika kamu berlangganan yang paling murah Hulu akan memberikan sedikit iklan. Sedikit mengganggu tapi tidak begitu bermasalah.


4. Amazon Prime

Amazon Prime bisa dikatakan salahs satu platform stream baru yang berhasil menggaet hati para penggemarnya. Sebut saja ia membuat anime original adaptasi manga berjudul Vinland Saga yang sangat keren. Meskipun demikian Amazon Prime memiliki koleksi lengkap anime, sayangnya kamu harus membayar dua kali untuk anime yang tidak orginal miliki Amazon prime, biaya berlangganan dan membeli akses ke sebuah anime. Namun untuk beberapa anime kamu juga bisa menikmatinya dengan berlangganan Amazon prim saja.


5. Ponimu

Sekarang saatnya kita beranjak pada stream service Indonesia. Ponimu. Siapa yang tak tahu situs anime legal yang satu ini, yang memiliki banyak koleksi anime dari A hingga Z dan yang paling penting adalah Sub Indonesia. Sayangnya koleksi dari situs ini tidak terlalu banyak, bahkan akhir-akhir ini mereka jarang melakukan update. Namun, mungkin ini adalah salah satu situs yang mencoba membawa Anime Legal ke Indonesia.


6. Sushiroll (Genflix)

Berikutnya adalah sushiroll. Sushi roll adalah sebuah perusahaan dibawah naungan Genflix (Indosat). Selain kamu bisa menikmati anime dengan subtitle Indoensia, kamu bisa melihat semua episode 1 setiap judul anime di situs ini secara gratis. Untuk masalah koleksi, situs ini memiliki judul-judul ternama seperti Boku no Hero Academia maupun Dr.Stone. Jadi bisa dikatakan koleksi Sushiroll cukup baru.


Berikut tingkatan pecinta anime atau manga, yaitu :

​1. NEWBIE

Newbie adalah tingkat terbawah versi baka otaku, dimana pada tingkat ini orang – orang tersebut masih melihat anime dari acara televisi saja, baca manga sekedarnya, dan melihat beberapa anime yang sudah terkenal didunia saja. Seperti yang ngaku-ngaku  otaku padahal tontonannya cuma naruto di acara tv swasta di indonesia

2. ANIME LOVERS

Kenapa sebutan Anime Lovers disebut pada tingkat kedua? ini dikarenakan beberapa faktor, seperti beberapa temanku yang dari luar negeri, mereka tidak mau dianggap sebagai otaku karena mereka merasa pengetahuan mereka tentang anime sangat minim sehingga mereka lebih senang disebut sebagai Anime Lovers daripada Otaku, padahal ketika kami mengobrol di grup, pengetahuan mereka tentang anime, manga, VN, dan lainnya sangat tidak bisa diremehkan. Inilah yang menjadikan perbedaan antara anime lovers indonesia dengan luar negeri. Jika di indonesia banyak para anime lovers yang mengaku-ngaku otaku, padahal pengetahuan mereka sendiri masih sangatlah jauh dibawah level otaku sebenarnya.

3. OTAKU

Kalo denger kata otaku, yang langsung kalian pikirin pasti otaku itu orang-orang yang menyukai animanga.

Kalo iya, pemikiran kalian itu salah. Pertamanya, aku juga mikir kalo otaku itu orang-orang yang suka banget sama animanga. Ternyata pemikiranku itu salah total.

Menurut Wikipedia:

“Otaku adalah istilah bahasa Jepang yang digunakan untuk menyebut orang yang betul-betul menekuni hobi.”

Di Jepang, istilah otaku sering digunakan di luar konteks penggemar berat anime atau manga untuk menggantikan istilah mania, sehingga ada istilah Game-otaku (otaku mengenai game), Gundam-otaku (otaku mengenai robot Gundam), Pasokon-otaku (otaku mengenai komputer)”

Tapi, pengertian otaku dalam bahasa jepang adalah sebutan untuk orang yang tidak punya kehidupan sosial, jadi kerjaannya cuma diam aja dirumah, tanpa punya pekerjaan.

Kita ga pengen disebut orang yang “ga punya kehidupan” dan “ga bisa bersosialisasi”, kan? Karena itu, jangan sebut diri kalian otaku. Kecuali kalo kalian bener-bener “otaku”.

4. OTAMEGA

Otamega adalah istilah yang diambil dari manga “The World God Only Knows”. Otamega adalah gabungan dari dua kata, yaitu OTAKU dan MEGANE. Otaku, seperti yang sudah dijelaskan diatas, adalah orang yang tidak punya kehidupan sosial, dan megane berarti kacamata. Jadi, otamega adalah seorang otaku yang memakai kacamata.

5. NIJIKON

Nijikon adalah istilah slang dalam bahasa jepang yang digunakan untuk menunjuk orang yang terobsesi dengan wujud dua dimensional (bisa berupa karakter anime, manga, dan video games)

6. HIKIKOMORI

Hikikomori adalah istilah untuk menyebut orang yang suka menyendiri dan mengisolasi diri dari lingkungan sosial disekitarnya. Seorang hikikomori biasanya jarang keluar rumah. Keluar dari rumah paling-paling cuma beli kebutuhan sehari-hari atau pergi bersekolah. Terus, seorang hikikomori lebih suka menonton anime, membaca manga, dan main games soalnya menurut dia hal-hal tersebut lebih menyenangkan dibandingkan dengan bermain bersama teman-temannya.

7. WEEABOO atau WIBU

Weeaboo adalah seseorang yang sangat terobsesi dengan budaya Jepang, dan mereka juga cenderung untuk bertingkah laku seperti orang jepang pada umumnya. Padahal mereka bukan orang Jepang, nggak lahir di Jepang, dan bukan warga negara Jepang. Menginjakan kaki ke Jepang juga paling dalam mimpi saja

8. WAPANESEE
Wapanesee merupakan stadium akut dari tingkatan penggemar anime. Seorang wapanesee biasanya sangat terobsesi dengan budaya Jepang.

Ada hal yang membedakan wapanesee dengan weeaboo. Perbedaaan tersebut adalah, seorang wapanesee sering berdelusi.

Selain itu mereka juga sangat keras terhadap mengambil keputusan. Kecintaan mereka terhadap anime bahkan mencapai 100%.

Karena kecintaan itulah, beberapa waktu lalu ada seorang pria asal Jepang, yang memutuskan untuk menikah dengan salah satu karakter anime favoritnya.


Istilah-Istilah Dalam anime atau manga:
#
1.    4 koma / yonkoma
manga 4 panel
A
1.    Anime
[dibaca a-ni-me bukan anim] yaitu animasi khas Jepang singkatan dari animeshon(pelafalan orang Jepang untuk animation).Yang biasa dicirikan dg gambar-gambar bergerak yang berwarna warni yang menampilkan tokoh-tokoh dalam berbagai macam lokasi dan cerita yang ditujukan pd beragam jenis penonton.Anime dipengaruhi gaya gambar manga.
2.    Action
Sebuah karya yang biasanya menggambarkan perkelahian, kekerasan, kekacauan, dan gerakan-gerakan cepat.
3.    Adult
Sebuah karya yang isinya hanya cocok untuk orang dewasa. Judul-judul yang masuk ke dalam kategori ini biasanya berisi banyak adegan kekerasan yang intens, dan atau gambar-gambar seksual serta ketelanjangan.
4.    Adventure
Apabila seorang karakter melakukan sebuah perjalanan yang panjang untuk satu dan lain hal, itu adalah pertanda judul yang anda pilih adalah anime atau manga petualangan.
5.    Ahog
Rambut menjulang ke atas melawan gravitasi bumi.Contoh pemilik rambut ahoge: Araragi (Bakemonogatari), Konata (Lucky Star), Aka-chan (Seitokai no Ichizon), Satalin Deviluke (To Love Ru)
6.    Allhail
Semacam penghormatan, bisa diartikan "Long life!" atau "Hidup!"All Hail dipopulerkan di anime Code Geass, dari kata All Hail Britannia
7.    Animelo
(Animation Melody)"Animelo Summer Live"Konser Anime terbesar di Jepang yang dilakukan tiap tahun, pertama kali diadakan musim panas tahun 2005
8.    Anisama
"Animelo's performers are often called Anisama Friends"
B
1.    Baka
Bahasa jepang yang arti nya dungu / bodoh / tolol
2.    Bishoujo
anime/manga yang dibuat khusus untuk kesenangan cowok dewasa.Intinya tokoh-tokoh dalam anime/manga tersebut kebanyakan adalah cewek-cewek cantik.
3.    Bishounen
anime/manga untuk kesenangan cewek/wanita.Intinya tokoh dalam anime/manga tersebut kebanyakan adalah cowok-cowok cakep. (misal : perfect girl evolution dll)
4.    Buruma (Bloomers)
Celana Bawahan yang biasa nya digunakan cewek jepang waktu pelajaran olahraga.
5.    bunkobon
brkaitan dgn ukuran dari manga, bunkobon di desain lbh tipis, lbh murah, dan lbh mudah dibawa dari tankoubon
C
1.    Chara
karakter/tokoh yang ada dalam anime (chara–>character)
2.    Chibi
berbeda dg SD.untuk istilah chibi lebih mendekati kesan imut/cute.Perbedaannya hampir tipis dg SD,Pada chibi proporsi ukuran kepala lebih besar ketimbang badan.Biasanya digunakan untuk adegan Joke.
3.    Cosplay
(costum play) atau disebut jg cosu.Suatu acara dimana para fans anime berkreasi dg kostum yang mereka kenakan.Kostum tersebut bisa mereka curi modelnya dari karakter anime/manga.Orang yang melakukan cosu disebut cosplayer.
4.    Cosplayer
Orang yang ber-cosplay.
5.    Cross Dress
Cosplayer yang menggunakan kostum  lawan jenisnya. Contoh karakter yang seharusnya laki-laki namun diperankan oleh perempuan, demikian sebaliknya.
6.    Crossover
Atau bisa disebut anime cosplay ; yaitu character anime yang menggunakan kostum character anime lainnya.
7.    Comedy
Karya dramatis yang ringan dan seringkali humoris, mengandung sebuah resolusi, pemecahan masalah, atau kesimpulan yang bahagia akan sebuah konflik.
8.    Comiket
"Comic Market"Pameran atau book fair yang diadakan di Jepang setahun dua kali, selalu dijejali penggemar komik yang meng-hunting doujin2 menarik , figurin, dan otaku stuff lainnya yang biasanya diadakan setiap musim panas dan musim gugur.
D
1.    Doujinshi
semacam fanart,yaitu membuat cerita sendiri dg karakter dari anime/manga yang sudah ada atau populer.
2.    Drama
Karya yang dimaksudkan untuk menarik keluar respons emosional dari pembaca, seperti rasa sedih atau ketegangan.
E
1.    Ecchi
menunjukan sedikit konten vulgar.Ecchi merupakan lafalan bahasa Jepang pada huruf roman ‘H’ dan H Ini mewakili hurup pertama Hentai,namun Ecchi tidak sampai pada tahap seksual.bisa diartikan berkonten porn,tetapi mempunyai batas-batas tertentu(porn ringan)
2.    Ero
hal-hal yang berbau erotisme.
3.    Ero Guro
Sama seperti Guro atau Gore, tapi ini dikombinasikan dengan ketelanjangan dan sex. Bener-bener cuman di jepang orang bisa sesarap / sesakit ini. Dan ini banyak loh yang suka disitu... bener-bener deh!!
F
1.    Fanart
karya para fans berupa gambar chara yang mereka inspirasi dari anime/manga favorit mereka.
2.    Fanfic
cerita karangan dari fans yang menggunakan tokoh/karakter ataupun modifikasi cerita dari sebuah anime/manga.(singkatan dari fanfiction)
3.    Fanservice
adegan yang sengaja dibuat oleh sang mangaka untuk menyenangkan atau merefreshkan pikiran para penggemar dan umumnya FS itu berbau ero.
4.    Figure
boneka berbentuk tokoh anime/game/manga.
5.    Fudanshi
sebutan untuk cowok-cowok yang menggemari anime/manga bergenre shonen ai atau yaoi(jarang ini)
6.    Fujoshi
sebutan untuk cewek-cewek yang menggemari anime/manga bergenre shonen ai atau yaoi.
7.    Fukidashi
balon teks pada manga
8.    Fantasy
Karya apapun yang memasukkan unsur sihir, dunia impian, dan dongeng atau legenda.
9.    Fansub
Grup fans yang menambahkan subtitle pada anime (masa nggak tau sih..)
10. Figurin
"Action Figure"Patung/cetakan yang menyerupai satu karakter anime dengan pose tertentu yang dibuat menggunakan plastik, PVC atau bahan lain.dalam kalangan anime biasa nya yang paling populer ada figurin jenis PVC, Nendoroid, dan Figmacontoh
11. fetish : pemujaan terhadap suatu barang atau satu bagian dari tubuh seseorang. contoh: megane fetish (demen bgt ma cewe/cowo yg pake kacamata).
G
1.    Gunpla
Gundam Plastic
2.    Guro
Biasanya guro bergabung dengan horror, tapi sebenarnya, guro adalah istilah untuk cerita yang banyak menampilkan, adegan2 DP (Disturbing Picture)seperti organ tubuh manusia tercerai berai, potong sana, potong sini..
Yes it's wicked, but someone out there like it.
3.    Gore
Sama seperti Guro. Males banget lihat yang ginian. Menurut admin cuman orang psikopat doang yang demen kaya gini.
4.    Gekijouban
Bahasa jepang nya MOVIE
5.    gropers
orang mesum yang demen meraba korbannya, biasa muncul di shinkansen yg berdesakan.
H
1.    Harem
genre anime/manga yang berupa seorang tokoh cowok dikelilingi oleh banyak tokoh cewek. (misal Ichigo 100%, aoi yori aoshi dll).
2.    Hentai :
anime/manga genre tingkat atas Ecchi yang berakhir dengan hubungan seksual. konten bermateri seks.Mempunyai arti ‘aneh’ karena pada umumnya anime/manga berkonten hentai cenderung menyimpang atau bisa dibilang aneh.
3.    Hostorical
Karya-karya yang berbau sejarah.
4.    Horror
Karya yang dipenuhi oleh emosi-emosi seperti rasa takut, kekhawatiran, dan kebencian; emosi yang ditimbulkan oleh sesuatu yang menakutkan atau mengejutkan.
5.    HikkikomoriAnti sosial.. orang yang suka mengurung diri di kamar, dan nggak bersosialisasi
G
1.    Gender Bender
Wanita berpenampilan dan berpakaian seperti pria, begitu juga sebaliknya. Atau mungkin kasus lainnya adalah wanita berubah menjadi pria, dan sebaliknya.
J
1.    Jousei brkaitan dgn genre.. kalau shoujo brcerita seputar 'gadis muda', kalau josei lbh ke 'wanita'.
K
1.    Kawaii
Immuttttt
Contoh:kawaiii
2.    Kigurumi
Kigurumi adalah suatu piama yang dapat juga digunakan sebagai kostum. Dapat berbentuk binatang ataupun tokoh kartun. Populer dikalangan remaja Jepang maupuan Jpop Idol.
L
1.    Lolicon : orang dewasa (pria) yang menyukai anak kecil perempuan.
2.    Lemon
Hey, jangan samain istilah yang satu ini dengan nama buah. Dalam per’anime/manga’an, istilah Lemon digunakan pada FanFic yang materinya cenderung kearah ‘dewasa’, seperti erotisme gitu…
M
1.    Mecha
Anime/manga yang berunsur robot & perang.Awalnya diperuntukan untuk shonen tapi shojo sudah mengambil bagiannya juga. (misal : magic knight rayeart, gundam series dll)
2.    Magical Girl
anime/manga yang berunsur sihir dengar main chara shoujo.(misal : sailormoon, cardcaptor sakura dll).
3.    Manga
[dibaca man-ga/ma-ng-ga] merupakan komik dalam bahasa Jepang,diluar Jepang kata tsb digunakan khusus untuk membicarakan tentang komik Jepang.
4.    Mangaka
[dibaca man-ga-ka/ma-ng-ga-ka] adalah orang yang menggambar manga,disebut juga komikus kalau di indonesia.
5.    Martical Art
Sesuai dengan namanya, karya apapun yang berhubungan dengan seni bela diri.
6.    Mature
Karya yang mungkin terlalu ekstrem untuk orang di bawah umur 17. Judul-judul yang masuk ke dalam kategori ini bisa berisi kekerasan intens, darah, konten seksual, dan bahasa-bahasa kasar.
7.    Mystery
Biasanya peristiwa yang tidak bisa dijelaskan terjadi, dan karakter utamanya harus melakukan segala cara untuk mencari penyebabnya.
8.    MAD
Video remix kreatif yang dibuat oleh fans, biasa berupa parodi dari suatu anime, bisa dari ED/OP anime tersebut, ED/OP anime lain yang digabungkan, dari video musik lain, atau bahkan tanpa music dan hanya berupa cuplikan gambar/adegan dan efek2.
Kata MAD sendiri diambil dari judul kaset “Kichigai Tape” (Tape of Madness) yang dibuat anggota Osaka University of Arts and Music di tahun 1980-an (wow..!).*MAD dipopulerkan oleh Nico Nico Douga* suatu komunitas sharing video (see advance term) yang membuat MAD menjadi bagian penting dari budaya internet Jepang.
9.    Maid / Meido
Pelayan atau Pembantu yang biasa dipekerjakan di rumah2 bangsawan inggris, yang kostum nya sudah sangat melegenda.
10. Maid Cafe/ Meido Kisha
Sebuaf kafe dimana para pelayan melayani tamu seperti melayani majikan sendiri, populer di daerah akihabara jepang
11. Manhua
Komik Buatan Hongkong
12. Manhwa
Komik Buatan Korea
13. Mahou
Magic... bahasa jepang dari sihir
Mahou sendiri dalam bahasa Inggris disebut magic. Mahou bisa juga diartikan sakti, ajaib ataupun sihir. Contoh:
mahou shojo : gadis ajaib (magical girl)
mahou kishi : pendekar ajaib (magic knight)
14. Megane
Kacamata
15. Meganeko
Megane Onnanoko.. cewek berkacamata.
16. Meronko
Dada segede melon.. (males admin cari gambarnya)... Udeh udeeh jangan dibayangin....
17. Miko
Shrine Maider.. penjaga kuil
18. Moe
Berawal dari kata 'moeru' yang berarti 'membakar' tapi dewasa ini 'moe' di artikan sebagai kaeakter super imut yang level nya di atas kawaii nggak terlalu bisa diungkapkan sih... yang jelas bisa bikin lu hnggggghhh *sakit jantung*
N
1.    Neko
Bahasa Jepang dari Kucing... but in anime neko is really serious business
2.    Nekomimi
Cat Ear/ Telinga Kucing.. sering pula diartikan sebagai cewek yang bertelinga kucing.
3.    Nyaan
~suara kucing... Dalam bahasa Indonesia: "miaooww"
4.    Nijikon
Diambil dari 'Nijigen Complex' yang berarti tergila2 dengan character anime yang biasa nya sampe meng-klaim mereka sebagai waifu nya
5.    Nopan
No Pantsu... gk pake celana dalem.
O
1.    OAV/OVA
(Original Video Animation),format dari anime yang tidak ditayangkan di TV,yaitu dalam format video yang dijual bebas di pasaran.
2.    Omake
bonus berupa cerita pendek/kumpulan gambar manga.
3.    Otaku
sebutan untuk orang-orang yang freak terhadap sesuatu(anime,manga,game)
4.    OAD
Original Animation DVDHampir sama seperti OVA, hanya saja langsung dijual dalam kepingan DVD
5.    ONA
Original Net AnimationAnimasi yang ditayangkan di internet.. youtube, nico nico douga, dll.
P
1.    Pantsu
Celana dalem gan...
2.    Pettanko
Flat Chested Girl -> karakter cewek dengan dada rata.
R
1.    Romance
Karya apapun yang berhubungan dengan cinta.
2.    RAW
Bukan singkatan tapi emang satu kata yang berarti file mentah
S
1.    Sentai
anime/manga yang berunsur militer,biasanya menceritakan sejarah yang nyata seperti PD I & PD II. (termasuk group shonen)
2.    Senshi
unsurnya sama dengan sentai namun lebih sering dipakai untuk group shoujo.
3.    Shoujo-ai
anime/manga yang bertemakan girl relationship alias hubungan cewek X cewek, hanya sebatas teman dekat(intim), tapi tidak sampai pada tarap seksual.
4.    Shonen-ai
anime/manga yang bertemakan boy relationship,atau hubungan cowok X cowok, tidak sampai tarap seksual.
5.    Shotacon
orang dewasa (wanita) yang menyukai anak kecil laki-laki
6.    SD
yang jelas bukan Sekolah Dasar,yaitu Super Deformed.Istilah yang digunakan dalam penggambaran karakter anime/manga dg size kerdil,tetapi proporsi tubuh tetap pas.
7.    Seiyuu
dalam bahasa Indonesia disebut pengisi suara atau biasa disebut dubber.
8.    Seme
berasal dari kata kerja semeru(menyerang)
9.    Seke
(seme-uke)si tokoh bisa jadi seme maupun uke.
10. School Life
Karya yang latar belakang ceritanya berfokus pada kehidupan sekolah
11. Sci-fi
Karya fiksi ilmiah.
12. Sports
Karya-karya yang berhubungan dengan kegiatan olahraga.
13. Supranatural
Karya-karya yang berisi kekuatan-kekuatan dan kejadian luar biasa yang tidak dapat dijelaskan, serta melanggar hukum fisika.
14. Saimoe
Kontes Pemilihan Karekter ter-Moe se jepang yang biasanya diadakan setahun sekali
15. Shimapan
Striped Pantsu
16. Sukumizu (Sukuru Mizugi/ School Swinsuit)
Masa nggak tau baju renang sih..
17. Shoujo
(tokoh) perempuan
18. Shonnen
(tokoh) laki-laki
19. shinkansen
kereta api ekspres jepang berbentuk kapsul.
20. seinen
hampir sama dgn josei, brkaitan dgn genre.. kalau shonen brcerita seputar 'cowo', kalau seinen lbh ke 'pria'.
T
1.    Tankoubon
istilah dalam b.Jepang untuk menyebut terbitan manga dalam bentuk monograf.
2.    Tsundere
Karakter yang keras diluar, tapi baik sama orang terdekatnya.
3.    Takoyaki
tako= gurita, yaki= panggang. Takoyaki=Gurita panggang
4.    tankoubon
manga independent. maksudnya, satu judul manga yg awalnya terbit berseri tiap chapter dlm sebuah majalah komik, akhirnya terbit dlm sebuah komik utuh satu volume dgn judul dari manga itu sendiri.
U
1.    Uke
berasal dari kata kerja ukeru(menerima).Istilah yang digunakan untuk pair di anime/manga bergenre yuri/yaoi.
V
1.    Vocaloid
Vocal Android... alias software pembuat lagu sintetis yang buat yamaha, banyak yang mengira vocaloid adalah anime padahal bukan, ini software music.
W
1.    Waifu
Istri
Y
1.    Yuri
anime/manga yang bertemakan cewek X cewek (tingkat atas genre shoujo ai) yang berakhir dengan hubungan seksual.(singkatan dari yama-nashi Ochi-nasi Imi-nashi)istilah lainnya Boys Love/shonen ai.Istilah untuk anime/manga berbau homoseksual.
2.    Yaoi
anime/Manga yang bertemakan cowok X cowok (tingkat tinggi dari genre shonen-ai),yang berakhir dg hubungan seksual. Genre ini digemari oleh para cewek dan sebagian besar mangakanya adalah perempuan. Sebutan untuk cewek penyuka genre ini yaitu fujoshi, sedangkan untuk cowok fudanshi.
istilah lainnya Shoujo ai kebalikan dari Yaoi,yaitu istilah untuk anime/manga berbau lesbi.

Terimakasih moga bermanfaat
---------------------------------------------------------

http://scodanvield.blogspot.com/2016/04/pengertian-dan-sejarah-anime-dalam.html?m=1

https://www.mastekno.com/id/pengertian-dan-sejarah-anime/

http://scodanvield.blogspot.com/2016/04/kamus-istilah-istilah-dalam-anime.html?m=1

https://pakdhegirang.blogspot.com/2012/12/sejarah-anime-dan-masuknya-anime-ke.html?showComment=1585578897307&m=1#c7697325470900550062

http://word-desain.blogspot.com/2016/10/pengertian-animemanga-dan-sejarahnya.html?m=1

http://scodanvield.blogspot.com/2016/04/pengertian-genre-dan-jenisnya-dalam.html?m=1

https://www.google.com/amp/s/japaneseofficial.wordpress.com/2018/04/19/45-genre-yang-ada-di-anime-jepang-dan-contohnya-terlengkap/amp/

http://scodanvield.blogspot.com/2016/04/istilah-dere-dalam-percintaan-anime.html?m=1

https://wibumesta.com/pembagian-staff-dalam-produksi-anime/

http://bakaoppai.blogspot.com/2015/01/apa-itu-amv-dan-mad.html?m=1

https://hitsmost.blogspot.com/2018/01/apa-arti-anime-apa-itu-amv-pv-genre-apa.html?m=1

https://wibu-elit.blogspot.com/2019/10/apa-itu-amv-pv-dan-mmd-dalam-anime.html?m=1#more

https://gamebrott.com/6-website-streaming-anime-legal-terlengkap-2019/amp

https://nishimoyayori.wordpress.com/2017/06/03/first-blog-post/amp/
https://urbandigital.id/tingkatan-fans-anime/

http://scodanvield.blogspot.com/2016/04/kamus-istilah-istilah-dalam-anime.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar